Bola Internasional

Media Vietnam Ikut-ikutan Soroti Kelelahan Pemain Timnas karena Latihan Shin Tae-yong

Rabu, 19 Februari 2020 17:47 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Media Vietnam soroti pemain Timnas Indonesia yang kelelahan menjalani pemusatan latihan bersama Shin Tae-yong Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Media Vietnam soroti pemain Timnas Indonesia yang kelelahan menjalani pemusatan latihan bersama Shin Tae-yong

INDOSPORT.COM - Salah satu media Vietnam, News Zing, menyoroti kondisi pemain Timnas Indonesia yang kerap mengalami kelelahan saat menjalani pemusatan latihan bersama Shin Tae-yong.

Dalam laporannya, media asal Vietnam ini menyebutkan bahwa 34 pemain yang dipanggil menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia kerap kelelahan dengan program latihan yang diterapkan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sebelumnya Shin Tae-yong mengkritisi fisik para pemain Timnas Indonesia yang menurutnya tidak cukup fit untuk bertanding di level tertinggi sepak bola. Maka pada pemusatan latihan, mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut menggeber latihan fisik.

Hal ini diamini oleh Nadeo Argawinata. Menurut pemain yang berposisi sebagai kiper ini, porsi latihan yang diterapkan Shin Tae-yong cukup membuat ia dan rekan-rekannya sesama penjaga gawang kelelahan.

"Pelatih Shin Tae-yong memberi perhatian lebih terhadap fisik pemain. Terutama untuk kiper, kami berlatih 30 menit lebih awal ketimbang pemain lain. Saya pikir setiap pemain sangat kelelahan setelah latihan," ujarnya.

Namun kiper Bali United ini mulai terbiasa dengan latihan fisik yang diterapkan Shin Tae-yong. Bahkan tak cuma dirinya, para pemain yang dipanggil pun mulai memahami pola latihan sang pelatih.

"Pada mulanya, latihan terasa sulit. Tapi lambat laun saya mulai terbiasa dan beradaptasi dengan baik. Saat ini semua pemain dalam kondisi baik dan bisa menuntaskan latihan," lanjut Nadeo.

Dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengundang 34 pemain. Seluruh pemain yang dipanggil menjalani latihan fisik terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses latihan ke taktik dan strategi saat bertanding.