Liga Indonesia

Jacksen Tiago Masih Tak Habis Pikir dengan Pemanggilan Tahir ke Timnas Indonesia

Sabtu, 22 Februari 2020 08:19 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Persipura Jayapura
Gelandang klub Liga 1 Persipura Jayapura, Muhammad Tahir (tengah) bersama sang pelatih, Jacksen Tiago. Copyright: © Media Persipura Jayapura
Gelandang klub Liga 1 Persipura Jayapura, Muhammad Tahir (tengah) bersama sang pelatih, Jacksen Tiago.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago masih tak habis pikir dengan pemanggilan salah satu gelandang andalannya, Muhammad Tahir ke Timnas Indonesia. Ia menilai pemanggilan gelandang bertahan Persipura itu tak wajar.

Pasalnya, Jacksen berkilah jika timnya belum sekalipun menjalani pertandingan resmi, yang mana menurut dia seharusnya dengan melihat performa pemain akan menjadi bahan pertimbangan pemanggilan pemain ke timnas.

Namun yang terjadi dengan Tahir kata Jacksen, sama sekali tak ada pantauan langsung dari jajaran pelatih Timnas Indonesia. Itu yang membuat Jacksen merasa heran.

"Saya tidak pernah keberatan sebenarnya, tapi dasarnya Tahir dipanggil karena apa, kita belum bertanding sama sekali dan kita belum lihat pelatih timnas atau perwakilannya yang memantau sesi latihan kita untuk menganalisa permainan Tahir seperti apa, itu yang saya tidak paham," ujar Jacksen kepada INDOSPORT, Jumat (21/02/20).

Keluhannya itu bukan karena ingin membangkang atau tak menghormati federasi dan timnas Indonesia sendiri, namun hal tersebut menurutnya perlu dipertanyakan agar pihak klub tak lagi berat untuk melepas pemain ke timnas.

"Saya tidak komplain atau apa, kita cuma memberi sebuah pertanyaan supaya ada perubahan singkat dari semua unsur yang terlibat dalam sepak bola itu agar lebih baik. Kita justru memberi sebuah masukan agar semua bisa lebih baik dan lebih sehat," terangnya.

"Ini menjadi masukan kepada orang yang mengerti sepak bola, karena itu tidak wajar. Bukan saya tidak senang dengan Tahir dan pemanggilannya, tapi logikanya begitu," tambahnya.

Selain itu, juru racik asal Brasil ini tak ingin nasib Tahir sama dengan yang dialami oleh pemain muda Persipura, Theofilo Numberi yang bergabung dengan timnas Indonesia U-20.

Jacksen menuturkan, apa yang dialami timnya terkait Theofilo sangat tak mengenakkan. Pasalnya, hingga jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2020 ini gelandang muda Persipura itu belum ada kabar, baik secara pribadi maupun dari timnas Indonesia sendiri.

"Kita tidak mau itu terjadi seperti Theofilo Numberi saat ini, dimana kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan dan kita tidak tahu apa yang dia lakukan di sana, bukannya kecewa tapi kadang kita bingung."

"Tidak ada masalah karena bagaimanapun juga itu sebuah kebanggaan bagi klub, tapi harus ada komunikasi yang lebih baik lagi antar timnas dan klub," keluh Jacksen.

"Sampai saat ini kita lakukan persiapan jelang kompetisi, tapi Theo tidak tahu kabarnya bagaimana, sehingga itu menjadi kerugian bagi pemain dan klub juga timnas, karena bagaimana dia bisa menunjukkan performa bagus kalau dia tidak pernah latihan bersama klub, yang pasti performanya akan menurun," tandasnya.

Persipura sendiri harus kehilangan Muhammad Tahir hingga berakhirnya pemusatan latihan timnas Indonesia, Minggu (23/2/20) nanti. Tahir absen dalam empat laga uji coba yang dilakoni Persipura.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
67%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%