Liga Champions

Robert Lewandowski, Sang Penghancur Klub Kota London di Liga Champions

Rabu, 26 Februari 2020 06:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Alexander Hassenstein/GettyImages
Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski sang penghancur klub Kota London di ajang Liga Champions. Copyright: © Alexander Hassenstein/GettyImages
Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski sang penghancur klub Kota London di ajang Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski tak dapat dipungkiri merupakan momok bagi klub Kota London di Liga Champions.

Bahkan, tak berlebihan jika menyebut striker ber-KTP Polandia itu sebagai penghancur bagi klub sepak bola asal Ibu Kota Inggris, London.

Teranyar, Robert Lewandowski mencantumkan namanya di papan skor saat Bayern Munchen melibas tuan rumah Chelsea dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 di Stamford Bridge.

Lewandowski memang hanya mencetak satu gol, sementara dua gol lainnya dikemas oleh brace dari Serge Gnabry.

Namun satu gol tersebut sudah cukup membuktikan jika mantan penggawa Borussia Dortmund ini penghancur klub Kota London yang menariknya sering ia ciptakan gol saat bertandang di Inggris.

© Darren Walsh/GettyImages
Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski (kanan) dijaga ketat oleh bek tengah Chelsea, Antonio Rudiger dalam pertandingan 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama di Stamford Bridge Copyright: Darren Walsh/GettyImagesStriker Bayern Munchen, Robert Lewandowski (kanan) dijaga ketat oleh bek tengah Chelsea, Antonio Rudiger dalam pertandingan 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama di Stamford Bridge

Sebelumnya, Robert Lewandowski juga pernah membawa Bayern Munchen menghancurkan klub Kota London lainnya, yakni Tottenham Hotspur masih di musim 2019-2020 ini, yaitu saat masih di babak Grup B.

Kala itu, Munchen bertandang ke markas Tottenham dan mampu menang jauh lebih telak, yakni 7-2.

Dalam pertandingan tersebut, Robert Lewandowski mencetak dua dari lima gol yang diciptakan Munchen pada menit ke-45 dan 87.

Sampai di situ saja? Tentu tidak, mundur lagi ke belakang di Liga Champions musim 2016-2017, saat Munchen melumat tim London penuh sejarah, Arsenal dengan skor 5-1.

© Mike Hewitt/GettyImages
Luapan kegembiraan tiga pemain Munchen, Robert Lewandowski (kiri), David Alaba (tengah), dan Alphonso Davies saat memastikan timnya menang atas Chelsea dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 di Stamford Bridge. Copyright: Mike Hewitt/GettyImagesLuapan kegembiraan tiga pemain Munchen, Robert Lewandowski (kiri), David Alaba (tengah), dan Alphonso Davies saat memastikan timnya menang atas Chelsea dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 di Stamford Bridge.

Pada laga itu, penyerang berusia 31 tahun ini juga mencetak gol walau hanya dari titik putih penalti.

Sudah cukup? Jawabannya belum. Karena sebelum bermain untuk Bayern Munchen di tahun 2014, Lewandowski juga pernah mencetak gol ke Kota London saat ia masih berseragam Borussia Dortmund.

Menariknya, lagi-lagi Arsenal yang menjadi korbannya. Gol itu tercipta di babak Grup F Liga Champions 2013-2014, di mana Lewandowski mampu memberikan kemenangan untuk Dortmund dengan skor tipis 2-1.

Ibu Kota Inggris, London memang mempunyai banyak klub, namun harus diakui jika klub yang paling diunggulkan adalah Arsenal, Chelsea, dan juga Tottenham Hotspur.

Ketiganya pun sudah menjadi langganan bagi Robert Lewandowski untuk dirinya dapat berselebrasi alias mencetak gol.

Berikut rinciannya:

Liga Champions Grup F 2013-2014: Arsenal 1-2 Borussia Dortmund (Robert Lewandowski 82’)

Liga Champions Babak 16 Besar 2016-2017: Arsenal 1-5 Bayern Munchen (Robert Lewandowski 55’ P)

Liga Champions Grup B 2019-2020: Tottenham Hotspur 2-7 Bayern Munchen (Robert Lewandowski 45’ dan 87’)

Liga Champions Babak 16 Besar 2019-2020: Chelsea 0-3 Bayern Munchen (Robert Lewandowski 76’)

Dengan sejumlah data di atas, sudah cukup jika striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski layak disebut sebagai penghancur klub Kota London di ajang Liga Champions

2