In-depth

Menimbang Untung-Rugi Kalteng Putra Datangkan Atep Rizal di Liga 2 2020

Sabtu, 29 Februari 2020 19:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Persib.co.id
Menimbang untung-rugi Kalteng Putra datangkan Atep Rizal di Liga 2 2020: kaya pengalaman, namun sudah tak produktif mencetak gol. Copyright: © Persib.co.id
Menimbang untung-rugi Kalteng Putra datangkan Atep Rizal di Liga 2 2020: kaya pengalaman, namun sudah tak produktif mencetak gol.

INDOSPORT.COM – Tim sepak bola Kalteng Putra disinyalir akan mendatangkan eks pemain Persib Bandung dan Persija Jakarta, yakni Atep Rizal untuk musim kompetisi Liga 2 2020.

Pemain sayap itu diproyeksikan untuk menjadi andalan Kalteng Putra di Liga 2, menyusul sejumlah nama yang sudah lolos seleksi bersama tim berjuluk Laskar Isen Mulang tersebut.

Kabar ini pertama kali dilontarkan oleh manajer Kalteng Putra, Hasanuddin Noor, yang mengaku akan mendaratkan lima pemain berpengalaman ke Bumi Tambun Bungai.

“Akan ada lima pemain lagi yang bergabung, diantaranya Ronaldo Masibo (Persipura), Tegar Pribadi (PSIS Semarang), Damiansyah Batutu (Badak Lampung), dan Atep (Mitra Kukar),” ucapnya, seperti dilansir dari laman Kalteng Pos.

Kedatangan Atep Rizal ke kubu Kalteng Putra tentu akan menjadi kejutan di Liga 2, mengingat ia merupakan salah satu pesepakbola legendaris yang juga sempat berseragam Timnas Indonesia.

Namun, dari sisi Kalteng Putra sendiri, tentu akan ada keuntungan maupun kerugian jika tetap bersikukuh mendatangkan Atep Rizal. Berikut ulasan INDOSPORT untuk Anda.

Kaya Pengalaman di Tim Besar

Sepanjang karirnya sebagai pesepakbola, Atep Rizal yang merupakan jebolan Persib Bandung, tampil gemilang saat memperkuat Persija Jakarta di sepanjang musim 2004 hingga 2008. Ia bahkan menjadi andalan di Timnas Indonesia sejak usia muda.

Statistik apik kala memperkuat Persija Jakarta, membuat Persib Bandung kembali memanggil Atep Rizal, bahkan hingga akhirnya menjadi salah satu sosok legendaris bersama tim Pangeran Biru.

Satu dekade berseragam Persib sejak tahun 2008 hingga 2018, Atep mencatatkan 220 caps di kompetisi resmi, dan sukses membukukan 30 gol untuk klub kebanggaannya itu. Sebagai salah satu pemain berpengalaman, Atep mampu berbicara banyak di Liga Indonesia.

Sayangnya, ia harus menyudahi perjalanannya di Persib pada akhir kompetisi Liga 1 2018, dan berlabuh ke Mitra Kukar di kompetisi Liga 2 2019. Tampil dalam 19 laga, Atep bahkan tak satupun menorehkan gol untuk tim Kalimantan tersebut.

Masih Bisa Produktif?

Catatan minor tanpa gol bersama Mitra Kukar musim ini membuat Atep belum mendapat penawaran perpanjangan kontrak di tim Naga Mekes, Alhasil, ia mulai melirik peluang untuk pindah klub, salah satunya adalah ke Kalteng Putra.

Namun rasanya perlu ada pertimbangan matang sebelum merekrut Atep Rizal. Selain minim gol pada musim lalu, nampaknya usia Atep yang sudah memasuki angka 34 tahun, sudah lewat dari masa produktifnya sebagai pemain di lini serang.

Atep Rizal memang akan menjadi motivasi bagi pemain Kalteng Putra yang nampaknya akan didominasi oleh pemain muda, namun rasanya untuk mengejar prestasi dan naik kasta ke Liga 1, Atep bukan lagi sosok yang tepat untuk menjadi motor serangan.