Liga Indonesia

Perang Bintang! 6 Klub Liga 1 Dilatih Sosok Jawara Liga Indonesia

Sabtu, 29 Februari 2020 15:06 WIB
Editor: Coro Mountana
© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Logo klub-klub Liga 1 2020. Copyright: © Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Logo klub-klub Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM – Bagaikan perang bintang, kompetisi Liga 1 2020 yang akan dibuka pada hari ini ternyata 6 klub pesertanya dilatih sosok pernah juara Liga Indonesia.

Liga 1 2020 resmi akan dibuka pada hari ini bertepatan pada tanggal 29 Februari dengan laga pembuka antara Persebaya Surabaya vs Persik Kediri. Jika disadari, tanggal yang menjadi sepak mula Liga 1 musim ini begitu spesial.

Pasalnya, tanggal 29 Februari hanya akan muncul sekali dalam 4 tahun yang sering dikenal sebagai kabisat. Akan tetapi, selain tanggal yang begitu spesial, pesaingan Liga 1 musim ini juga tampaknya akan begitu sengit bagaikan perang bintang.

Pasalnya, setidaknya ada 6 klub Liga 1 yang diasuh oleh sosok pernah merasakan gelar juara Liga Indonesia. Dengan kata lain, persaingan untuk memperebutkan lambang supremasi tertinggi sepak bola Indonesia dipastikan bakal begitu seru seperti perang bintang.

Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam 6 klub Liga 1 dilatih sosok pernah juara Liga Indonesia.

Bali United

Pertama ada Stefano Cugurra Teco yang saat ini sedang bertanggung jawab terhadap prestasi Bali United. Pelatih asal Brasil ini bisa dikatakan sebagai sosok paling sukses dalam 2 tahun terakhir dalam kancah sepak bola Indonesia.

Pasalnya, Teco selalu berhasil sapu bersih gelar Liga 1 dalam 2 tahun terakhir bersama Persija Jakarta dan Bali United. Di musim ini, Teco tentu berhasrat ingin meraih gelar ketiganya di Liga 1 dan tampaknya peluang itu sangat besar.

Barito Putera

Barito Putera, meskipun tidak diprediksi bakal menjadi juara Liga 1 musim ini, tapi mereka sangat beruntung karena diasuh pelatih bertangan dingin. Sosok itu adalah Djajang Nurdjaman yang pernah mengantarkan Persib Bandung meraih gelar Liga Indonesia 2014.

Saat itu, Persib Bandung sukses mengunci gelar Liga Indonesia setelah sukses mengalahkan Persipura Jayapura dalam drama adu penalti. Berbekal pengalamannya yang pernah juara Liga Indonesia, Barito Putera boleh berharap banyak pada Djajang Nurdjaman.

Madura United

© Twitter/@MaduraUnitedFC
Kepala pelatih Madura United Rahmad Darmawan. Copyright: Twitter/@MaduraUnitedFCKepala pelatih Madura United Rahmad Darmawan.

Kegagalan Madura United untuk meraih gelar Liga 1 musim lalu membuat manajemen pun langsung mengontrak pelatih berlabel juara Liga Indonesia, Rahmad Darmawan. Pelatih yang akrab disapa dengan RD dianggap bisa mengangkat prestasi Madura United.

Tampaknya keputusan Madura United dapat dikatakan tepat, soalnya Rahmad Darmawan memang merupakan salah satu pelatih lokal terbaik untuk saat ini. Rahmad Darmawan tercatat adalah pemegang 2 gelar Liga Indonesia saat bersama Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC.

Persela Lamongan

© Nofik Lukman/INDOSPORT
Pelatih Persela Lamongan, Nilmaizar saat memimpin Persela Lamongan uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (02/02/20). Copyright: Nofik Lukman/INDOSPORTPelatih Persela Lamongan, Nilmaizar saat memimpin Persela Lamongan uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (02/02/20).

Persela Lamongan mengambil langkah yang sangat tepat pada musim ini dengan memertahankan Nilmaizar pada kursi pelatih. Seperti yang kita tahu, Nilmaizar pada musim lalu berhasil mengangkat Persela yang sempat berkubang di zona degradasi.

Apalagi jika kita melihat rekam jejak Nilmaizar, pelatih asal Payakumbuh ini merupakan sosok bertangan dingin. Satu gelar Indonesian Premier League pada 2011/2012 saat bersama Semen Padang adalah bukti sahih kehebatan Nilmaizar.

Persib Bandung

© tribunnews
Robert Rene Alberts saat masih menakhodai Arema. Copyright: tribunnewsRobert Rene Alberts saat masih menakhodai Arema.

Persib Bandung juga memiliki sosok pelatih yang pernah juara Liga Indonesia yaitu Robert Rene Alberts. Tercatat, Robert Rene Alberts pernah merengkuh gelar Liga Indonesia pada 2009/2010 saat masih menangani Arema FC.

Saat itu, Arema FC yang lebih banyak mengandalkan sejumlah pemain muda ternyata sukses dipoles jadi tim juara oleh Robert Rene Alberts. Dan kini, Robert Rene Alberts sedang disibukkan dengan meramu komposisi tim Persib Bandung agar bisa juara Liga 1.

Persipura Jayapura

© Sudjarwo
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago. Copyright: SudjarwoPelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago.

Terakhir ada Persipura Jayapura yang begitu beruntung karena bakal ditangani oleh sosok penuh daya magis di sepak bola Indonesia, Jacksen F. Tiago. Dapat dikatakan pelatih asal Brasil ini merupakan sosok penyihir.

Tongkat sihirnya bahkan membuatnya berhasil meraih 4 gelar Liga Indonesia bersama Persebaya Surabaya dan Persipura Jayapura. Kini, Jacksen F. Tiago kembali lagi ke Persipura dan siap untuk meraih gelar Liga 1 Indonesia yang kelima kalinya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
50%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%