In-depth

Siapa Bintang Muda Liga 1 yang Bisa Bersinar Usai Regulasi Pemain U-23 Dihapus?

Minggu, 1 Maret 2020 20:19 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Siapa Bintang Muda Liga 1 yang Bisa Bersinar Usai Regulasi Pemain U-23 Dihapus? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Siapa Bintang Muda Liga 1 yang Bisa Bersinar Usai Regulasi Pemain U-23 Dihapus?

INDOSPORT.COM – Di tengah penghapusan regulasi pemain U-23, siapa bintang muda Liga 1 yang bisa bersinar di tengah situasi tersebut?

Setelah dimulainya era Liga 1 pada 2017, ada satu regulasi yang menarik perhatian pecinta sepak bola Indonesia yakni mengenai aturan pemain U-23. Maksud dari regulasi itu adalah mengharuskan pemain berusia di bawah 23 tahun bermain sebagai starting di laga Liga 1.

Tadinya aturan itu guna mengakomodasi terciptanya Timnas Indonesia U-23 yang bakal berlaga di Asian Games 2018. Sejumlah pemain muda berbakat pun lahir dalam era itu seperti Febri Hariyadi dan Septian David Maulana.

Namun dalam 2 musim terakhir, regulasi itu pun mengalami perubahan dengan pemain U-23 hanya perlu masuk ke susunan pemain tanpa menjadi starter. Semakin mengejutkan ketika memasuki Liga 1 2020, regulasi pemain U-23 dihapuskan.

Wacanannya dengan penghapusan itu, maka bakal digelar Liga 1 U-23 guna menghasilkan para pemain muda berbakat bagi Timnas Indonesia. Di sisi lain, pengamat sepak bola Indonesia, Binder Singh justru merasa penghapusan regulasi U-23 justru menguntungkan.

“Justru dengan regulasi itu jadi beban ke klub. Sekarang tanpa ketetapan, akan lebih banyak ambil pemain muda dan hasil saringannya lebih bagus jadi betul-betul pemain muda potensi yang berpeluang besar untuk main,” jelas Binder Singh kepada INDOSPORT.

“Daripada sistem kuota ya hanya untuk memenuhi kuota tapi nanti malah duduk di bangku cadangan, buat apa?,” lanjutnya.

Regulasi keharusan adanya pemain U-23 di Liga 1 telah dihapus, lantas apakah ada bintang muda Indonesia yang bisa bersinar? Menurut Binder Singh, setidaknya masih ada 4 pemain yang bisa bersinar di Liga 1 meski regulasi U-23 sudah tiada.

“Persipura, mereka ada Todd Ferre, kalau persebaya yang saya lihat lagi bagus itu Hambali Tolib, jago itu. Ada juga bek yang namanya Koko Ari Araya. Jangan lupa juga ada Beckham Putra dari persib. 4 nama itu yang bisa bersinar di liga 1,” tutup Binder Singh.

© sulselekspres.com
Binder Singh. Copyright: sulselekspres.comBinder Singh.

Melihat keempat nama itu disebut, sebenarnya bagaimana sepak terjang mereka di Liga 1 musim ini di tengah aturan U-23 yang dihapus?

Todd Rivaldo Ferre

Masih berusia 20 tahun tetapi sudah menjadi pemain andalan Persipura Jayapura dalam 2 musim terakhir, tentu menjadi bukti kalau Todd Rivaldo Ferre bukanlah pemain sembarangan. Terlebih Persipura dikenal sebagai penghasil pemain muda berbakat di Indonesia.

Torehan 6 gol dan 8 assists pada musim lalu besar kemungkinan akan bertambah pada musim ini melihat Jacksen F. Tiago selaku pelatih sangat percaya pada kemampuan Todd Ferre. Di laga perdana Liga 1, Todd Ferre sukses mengantarkan Persipura menang atas PSIS Semarang.

Hambali Tolib

© Instagram/@perselafc
Pemain muda Persela Lamongan Muhammad Hambali Tolib. Copyright: Instagram/@perselafcEks pemain muda Persela Lamongan Muhammad Hambali Tolib.

Persebaya Surabaya benar-benar beruntung pada musim ini setelah sukses merekrut pemain muda berbakat, Hambali Tolib. Eks Persela Lamongan ini bukan pemain sembarangan di Liga 1.

Pasalnya, ia sempat trial di Eropa bersama NK Lokomotiva Zagreb sebelum akhirnya kembali ke Indonesia dan membela Persebaya Surabaya. Hambali Tolib pun sudah dimainkan di laga perdana Liga 1, sayang Persebaya harus ditahan Persik Kediri.

Koko Ari Araya

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Koko Ari Araya menjalani debut menggantikan Novan Setya Sasongko saat lawan Bhayangkara FC, Minggu (8/12/19). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTKoko Ari Araya menjalani debut menggantikan Novan Setya Sasongko saat lawan Bhayangkara FC, Minggu (8/12/19).

Menurut Binder Singh, bek kanan Persebaya Surabaya yang baru berusia 20 tahun bernama Koko Ari Araya merupakan salah satu pemain muda berbakat Indonesia. Penampilan selama di pramusim telah mencuri perhatian Binder Singh.

Ternyata tak hanya Binder Singh saja, kemampuan Koko Ari Araya juga sukses mencuri perhatian pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Oleh karena itu, Aji Santoso memilih menurunkan bek berusia 20 tahun itu sebagai starter di laga perdana Liga 1.

Beckham Putra Nugraha

© https://www.instagram.com/beckhamputran/
Beckham Putra mengenakan jersey anyar Persib Copyright: https://www.instagram.com/beckhamputran/Beckham Putra mengenakan jersey anyar Persib

Nama terakhir yang mencuri perhatian Binder Singh adalah Beckham Putra Nugraha yang saat ibu menjadi wonderkid Persib Bandung. Sejatinya pemain berusia 18 tahun itu sudah mencuri perhatian sejak 2 tahun lalu.

Ketika itu, Beckham Putra berhasil mengantarkan Persib Bandung juara Liga 1 U-19 sekaligus menjadi top skor. Kini, Beckham Putra sedang fokus untuk mengantarkan Persib Bandung memenuhi target juara Liga 1 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%