In-depth

Siapa Striker Asli Indonesia yang Bisa Bersaing Jadi Top Skor di Liga 1?

Minggu, 1 Maret 2020 15:32 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Striker asli Indonesia yang bisa bersaing jadi Top Skor di Liga 1. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Striker asli Indonesia yang bisa bersaing jadi Top Skor di Liga 1.

INDOSPORT.COM – Genderang perang Liga 1 2020 sudah dibunyikan, adakah striker asli Indonesia yang bisa bersaing di jalur perebutan top skor?

Liga 1 2020 sudah resmi dimulai semalam dengan memainkan 3 pertandingan yaitu Persebaya Surabaya vs Persik Kediri, Madura United vs Barito Putera dan Persiraja Banda Aceh vs Bhayangkara FC.

Meski baru 3 laga yang dimainkan, nama Beto Goncalves sudah di daftar puncak top skor.

Memang Beto Goncalves adalah penyerang asal Indonesia, akan tetapi patut dicatat bahwa ia merupakan hasil dari proyek naturalisasi. Oleh karena itu, menjadi pertanyaan di mana striker asli Indonesia di daftar top skor.

Memang dari tahun ke tahun, top skor Liga 1 selalu dikuasai oleh para penyerang asing. Menurut pengamat sepak bola Indonesia, Binder Singh, masalahnya ada di tim-tim Liga 1 lebih banyak mengandalkan striker asing.

Sedangkan striker lokal lebih banyak ditempatkan sebagai penyerang sayap yang fungsinya untuk menopang ujung tombak yang biasanya ditempati pemain asing.

Meski begitu, menurut Binder Singh, setidaknya ada 3 nama lokal yang masih bisa berbicara banyak di daftar top skor Liga 1 2020.

“Kalau ditanya striker lokal, menurut saya, Dedik Setiawan kalau sudah fit dan kembali ke peforma awal, dialah yang bisa, yang kedua ada Osvaldo Haay yang kemungkinan akan diandalkan untuk menemani Simic. Satu lagi Marinus Wanewar, masih muda dan berpotensi,” ungkap Binder Singh kepada INDOSPORT.

Berdasarkan analisis dari pengamat sepak bola yang sering melayangkan pemaparannya di akun Youtube, Bola Bung Binder itu, menarik untuk dilihat apakah ketiga pemain itu memiliki peluang untuk berbicara banyak di daftar top skor Liga 1?

Dedik Setiawan

Kita mulai dari Dedik Setiawan yang memang dapat kita sebut sebagai penyerang masa depan Timnas Indonesia. Baru berusia 25 tahun membuat banyak orang berharap banyak pada penyerang Arema FC itu.

Sebelum cedera yang menghantamnya musim lalu, Dedik Setiawan telah membukukan 23 gol dalam 65 laga bersama Arema FC di Liga 1 sejak 2017. Tak heran bila banyak yang menjulukinya dengan Didier Drogba karena gaya ngotot Dedik sangat impresif.

Osvaldo Haay

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Osvaldo Haay akhirnya resmi ke Persija Jakarta. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTOsvaldo Haay saat resmi ke Persija Jakarta.

Osvaldo Haay sejatinya sudah dikenal oleh pecinta sepak bola Indonesia saat mengantarkan Persipura Jayapura juara Indonesia Soccer Championship 2016. Pergerakan yang begitu liar ditunjang insting gol begitu tinggi membuat Osvaldo Haay sangat berbahaya.

Meski perannya di musim ini kemungkinan besar akan menjadi pelayan bagi Marko Simic di Persija Jakarta bersama Riko Simanjuntak. Tetapi top skor SEA Games 2019 itu diyakini tetap bisa mencetak banyak gol ketika Simic sedang buntu.

Dan itu semua terbukti pada laga perdana musim ini di Liga 1, Osvaldo Haay langsung membukukan gol dan mengantarkan Persija Jakarta menang 3-2 atas Borneo FC.

Marinus Wanewar

© Persipura Official
Striker Muda Persipura, Marinus Wanewar. Copyright: Persipura OfficialStriker Muda Persipura, Marinus Wanewar.

Terakhir ada striker muda Persipura Jayapura, Marinus Wanewar yang memiliki gelar sebagai top skor Piala AFF U-22 2019. Meski jumlah golnya bersama Persipura Jayapura terbilang kecil, akan tetapi tubuh kekarnya menyimpan potensi bahaya.

Pasalnya, kekuatan fisik yang ditunjang permainan ngotot serta ketajaman bisa membawa Marinus Wanewar jadi penyerang masa depan Timnas Indonesia. Dengan dimentorin Boaz Solossa dan pelatih Jacksen F. Tiago, Marinus merupakan pemain paling potensial.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%