Liga Indonesia

Ada Virus Corona, Laga Persija vs Persebaya Tanpa Penonton?

Rabu, 4 Maret 2020 13:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persija, Marko Simic dan kawan kawan usai mencetak gol ke gawang Borneo FC pada Liga 1 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (01/03/2020). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persija, Marko Simic dan kawan kawan usai mencetak gol ke gawang Borneo FC pada Liga 1 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (01/03/2020).

INDOSPORT.COM - Pemprov DKI Jakarta baru saja mengeluarkan imbauan agar tidak bepergian ke tempat-tempat yang terjangkiti virus corona. Bahkan, Pemprov juga tidak akan mengeluarkan izin baru untuk perkumpulan orang dalam jumlah besar, dan yang sudah terlanjur diizinkan akan dikaji ulang.

Imbauan tersebut pun membuat laga pekan kedua Liga 1 2020 antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya pada 7 Maret mendatang di Stadion Gelora Bung Karno, terkena imbas. Pasalnya, laga itu akan menyedot masa dalam jumlah besar untuk berkumpul dalam satu tempat.

Menyoal hal tersebut, ketua Panpel Persija, Budi Saputra menjelaskan, sejauh ini laga tetap sesuai jadwal dan pihaknya baru saja melakukan rapat koordinasi dengan pihak keamanan (kepolisian). Budi mengatakan, laga juga tetap bisa disaksikan suporter karena belum ada keputusan akhir.

"Sejauh ini belum ada keputusan dari pihak Polda terkait laga dengan atau tanpa penonton. Yang sudah dijalani di rakor itu, kami bicara soal pengamanan nanti dengan penonton, jadi saya belum bisa kasih keterangan detail, sejauh ini masih on progress," tuturnya.

Buntut dari adanya virus corona memang membuat banyak jadwal pertandingan dihentikan. Liga Italia, Liga China, Liga Korea Selatan, Liga Swiss, Liga Vietnam hingga Thailand diputuskan untuk ditunda untuk sementara waktu.

Tak hanya itu, jadwal olahraga lain seperti MotoGP, bulutangkis pun banyak mengalami perubahan bahkan dibatalkan. Hal itu tak lepas dari penyebaran virus yang telah memakan korban jiwa dalam beberapa pekan terakhir.

Sementara itu, pihak PSSI maupun LIB juga belum mengeluarkan pernyataan apakah kompetisi akan dihentikan sementara. Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap jadwal yang telah disusun tetap berjalan normal dan tak ada hambatan.