Liga Indonesia

3 Stadion Alternatif Persija Usai Gubernur Jakarta Larang Ada Keramaian

Rabu, 4 Maret 2020 11:07 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Terdapat 3 stadion sepak bola alternatif untuk jawara Liga 1 2018 Persija usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang ada keramaian terkait virus Corona. Copyright: © INDOSPORT
Terdapat 3 stadion sepak bola alternatif untuk jawara Liga 1 2018 Persija usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang ada keramaian terkait virus Corona.

INDOSPORT.COM - Terdapat 3 stadion sepak bola alternatif untuk jawara Liga 1 2018 Persija usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang ada keramaian terkait virus Corona.

Pasalnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo baru-baru ini menyampaikan kalau ada dua warga Tanah Air yang terkena virus Corona (Covid-19).

"Seorang ibu yang umurnya 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun. Dicek oleh tim kita ternyata pada posisi yang sakit," ujar Joko Widodo kepada awak media, Senin (02/03/20).

Mengetahui hal tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun turut mengambil sikap atas virus Corona yang mulai tiba di Indonesia.

"Pemprov tidak agak keluarkan perizinan baru untuk kegiatan perkumpulan orang dalam jumlah besar," kata Anies kepada pewarta di Balai Kota Jakarta, Senin (02/03/20).

Bahkan Anies berencana untuk melihat mengevaluasi terkait izin penyelenggaraan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Hal ini pun diprediksi bisa mengganggu perhelatan kompetisi sepak bola tertinggi Indonesia, yakni Liga 1 2020, termasuk Persija Jakarta.

Pasalnya Persija pada musim ini bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Sehingga kemungkinan dapat mengganggu jadwal yang telah ada.

Apalagi dalam waktu dekat, Persija akan menjamu tim dari Jawa Timur Persebaya Surabaya di pekan kedua Liga 1 2020, Sabtu (08/02/20), pukul 18.30 WIB.

Terkait hal ini, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan tanggapan. Dia ingin kompetisi Liga 1 2020 tetap sesuai jadwal yang sudah ada.

"Sudah rakor (rapat koordinasi) juga dengan teman-teman dari kepolisian untuk bisa mengantisipasi ini, merespons ini, karena memang ini tontonan menarik bagi masing-masing klub ya, bagi suporternya," kata Iriawan.

Kabar terbaru, laga Persija vs Persebaya tetap bisa digelar di SUGBK dengan catatan tanpa penonton. Akan tetapi hal tersebut akan membuat esensi pertandingan berkurang.

"Tentunya sangat disayangkan apabila laga nanti tanpa penonton," kata kepala pelatih Persebaya Aji Santoso kepada awak media dalam merespons usulan tersbeut, Selasa (03/02/20).

Maka dari itu jika pertandingan Persija vs Persebaya ingin tetap digelar dengan adanya penonton, tampaknya pihak Macan Kemayoran bisa menggunakan stadion alternatif. Simak.

1. Stadion Patriot

© Petrus Manus DaYerimon/INDOSPORT
Suasana Stadion Patriot sepi di laga persija vs bhayangkara, ada spanduk sindiran jakmania. Copyright: Petrus Manus DaYerimon/INDOSPORTSuasana Stadion Patriot sepi di laga persija vs bhayangkara, ada spanduk sindiran jakmania.

Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi menjadi opsi alternatif paling logis untuk menggelar pertandingan Persija vs Persebaya dengan penonton.

Pasalnya Pembina Persija Ardhi Tjahjoko sempat menjelaskan kalau manajemen memilih Stadion Patriot sebagai alternatif juga SUGBK tak bisa digunakan.

"Tentu kami ada alternatif dengan Patriot tapi memang opsi utama GBK," kata Ardhi kepada awak media, Senin (27/01/20).

2. Stadion Pakansari

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan didampingi Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria bersama Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin melihat kesiapan Stadion Pakansari. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan didampingi Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria bersama Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin melihat kesiapan Stadion Pakansari.

Berikutnya ada Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat yang juga bisa menjadi alternatif tempat menggelar pertandingan Persija vs Persebaya dengan penonton.

Mesti venue tersebut menjadi markas Tira Persikabo, tetapi manajemen bisa menggunakannya untuk pekan ini jika memang SUGBK tak bisa digunakan.

Pasalnya Tira Persikabo harus menjalani partai tandang ke markas PSS Sleman pada pekan kedua Liga 1 2020, Minggu (08/03/20), pukul 15.30 WIB.

3. Stadion Wibawa Mukti

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Potret Stadion Wibawa Mukti atau Stadion Utama Kabupaten Bekasi, stadion kebanggaan Bekasi yang tidak berpenghuni dan kerap menjadi langganan Timnas Indonesia untuk dipakai latihan. Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTPotret Stadion Wibawa Mukti atau Stadion Utama Kabupaten Bekasi, stadion kebanggaan Bekasi yang tidak berpenghuni dan kerap menjadi langganan Timnas Indonesia untuk dipakai latihan.

Terakhir ada Stadion Wibawa Mukti yang kemungkinan dapat menjadi tempat menghelat laga Persija vs Persebaya dengan menghadirkan penonton.

Apalagi pada Liga 1 2019 lalu, Persija beberapa kali sempat bermain di Stadion Wibawa Mukti. Sehingga venue ini bukan tempat baru untuk Macan Kemayoran.

Terlebih Stadion Wibawa Mukti sempat digunakan untuk menghelat pagelaran akbar seantero Asia, yakni Asian Games 2020, khususnya beberapa cabang olahraga.