In-depth

Mencari Tandem Rohit Chand Usai Persija Jakarta Hukum Sandi Sute 2 Laga

Rabu, 4 Maret 2020 12:41 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Tak ada salahnya mencari tandem Rohit Chand usai Persija Jakarta menghukum gelandang Sandi Darma Sute 2 laga ke depan, Rabu (04/02/20). Copyright: © INDOSPORT
Tak ada salahnya mencari tandem Rohit Chand usai Persija Jakarta menghukum gelandang Sandi Darma Sute 2 laga ke depan, Rabu (04/02/20).

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya mencari tandem Rohit Chand usai Persija Jakarta menghukum gelandang Sandi Darma Sute 2 laga ke depan, Rabu (04/02/20).

Pasalnya Sandi Sute tampak tak terima usai ditarik ke luar lapangan pada menit ke-20 oleh kepala pelatih Sergio Ferias dan digantikan oleh Evan Dimas.

Hal itu terjadi ketika Persija vs Borneo FC yang berakhir 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (01/03/20).

Sandi Sute bahkan sempat membanting serta menendang botol minum dan langsung menuju ruang ganti setelah di ganti. Hal ini membuat Sergio Ferias buka suara.

"Itu tidak penting, saya fokus ke lapangan. Pasti semua pemain mau main tapi ada beberapa hal yang terjadi dan itu normal," kata Sergio pasca laga.

Sementara itu, Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus mengatakan sikap Sandi Sute memang normal dan menyerahkan semua keputusan di tangan tim pelatih.

© persija.id
Gelandang Persija Jakarta Sandi Darma Sute. Copyright: persija.idGelandang Persija Jakarta Sandi Darma Sute.

"Soal itu wajar ya, tapi untuk selanjutnya tergantung tim pelatih. Apakah ada sanksi atau seperti apa nanti terserah," tutur Ferry pada kesempatan yang sama.

Lalu manajemen Macan Kemayoran pun mengambil tindakan bijak dengan memberi hukuman disiplin kepada Sute. Hal ini diutarakan oleh manajer Persija Bambang Pamungkas.

"Manejemen memutuskan untuk memberikan hukuman disiplin berupa skorsing sebanyak 2 pertandingan, dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2020," ujar Bambang dikutip laman resmi klub.

Bambang pun berharap kalau kejadian ini menjadi yang terakhir dan dapat menjadi pembelajaran kepada pemain lain maupun Sandi Sute.

Sehingga Sandi Sute pun tak akan bermain kala Persija menjamu Persebaya dan melawat ke markas Bhayangkara FC dalam dua pekan ke depan.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk mencari tandem yang pas untuk Rohit Chand usai ditinggal Sandi Sute dalam dua laga ke depan. Siapa saja kira-kira?

Terlebih Sergio Ferias diketahui memakai skema 4-2-3-1 berdasarkan data yang terlampir dalam laman Transfermarkt. Bahkan di laga awal Liga 1, Sergio mengenakan skema tersebut.

1. Tony Sucipto

© persija.id
Bek sayap kiri Persija Jakarta Tony Sucipto. Copyright: persija.idBek sayap kiri Persija Jakarta Tony Sucipto.

Pemain kawakan Persija Tony Sucipto tampaknya bisa menjadi tandem bagi Rohit Chand di area depan empat bek usai Sandi Sute dihukum dua laga.

Pasalnya Tony Sucipto awalnya berposisi sebagai gelandang bertahan. Namun kini pemain berusia 34 tahun itu kerap bermain sebagai bek sayap kiri.

Meski begitu sejak pagelaran Liga 1 per 2017, Tony Sucipto, sempat dipasang sebagai gelandang bertahan dalam beberapa kompetisi yang diikutinya.

Total, Tony Sucipto hanya bisa membawa Persija tiga kali menang, empat kali imbang, dan enam kali kalah ketika dipasang sebagai gelandang bertahan.

2. Evan Dimas

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persija, Evan Dimas usai mencetak gol ke gawang Borneo FC pada Liga 1 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (01/03/2020). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSelebrasi striker Persija, Evan Dimas usai mencetak gol ke gawang Borneo FC pada Liga 1 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (01/03/2020).

Kemudian ada gelandang asal Surabaya Evan Dimas yang kemungkinan juga bisa menjadi tandem bagi Rohit Chand di lini belakang Persija selepas dihukumnya Sandi Sute.

Evan Dimas memang berposisi sebagai gelandang. Namun pada Liga 1 2019 lalu, dirinya kerap dipasang sebagai gelandang serang. Di 2018, Evan malah diturunkan sebagai gelandang tengah.

Akan tetapi pada 2017 lalu, Evan sempat ditaruh sebagai gelandang bertahan. Total sembilan kemenangan, sekali imbang, dan empat kali kalah dirasakan Evan.

Meski demikian, Evan Dimas dikenal sebagai gelandang yang kerap turun ke area belakang untuk menjemput bola dan mengalirkannya ke area depan.

3. Marc Klok

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Perkenalan secara resmi, Marc Anthony Klok sebagai pemain Persija Jakarta. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPerkenalan secara resmi, Marc Anthony Klok sebagai pemain Persija Jakarta.

Terakhir ada gelandang calon naturalisasi Marc Klok (Belanda) yang kemungkinan kuat bakal menjadi tandem Rohit Chand usai Persija menghukum Sandi Sute.

Terlebih Marc Klok baru saja didatangkan oleh Persija pada awal musim 2020 usai tiga musim terakhir membela PSM Makassar.

Selama di Liga 1, Klok selalu dipasang sebagai gelandang bertahan. Total Klok sukses memenangkan 27 laga, 11 kali seri, dan 15 kekalahan bersama PSM.

Tak jarang Klok juga kerap membuat gol dan assist ketika dipercaya untuk tampil. Namun pada pekan lalu, Klok malah dipasang sebagai gelandang serang.

Melihat uraian barusan, tampaknya Marc Klok menjadi kandidat kuat untuk mengisi pos yang ditinggalkan Sandi Sute untuk bertandem dengan Rohit Chand dalam dua laga mendatang.