Bola Internasional

Tak Cuma Persija vs Persebaya, Deretan Laga di ASEAN Juga Ditunda karena Corona

Rabu, 4 Maret 2020 23:40 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Selain Persija vs Persebaya, Laga di ASEAN Juga Ditunda Akibat Corona Copyright: © INDOSPORT
Selain Persija vs Persebaya, Laga di ASEAN Juga Ditunda Akibat Corona

INDOSPORT.COM - Tidak cuma pertandingan Liga 1 antara Persija vs Persebaya, deretan laga di wilayah ASEAN ini juga ikut ditunda karena virus Corona.

Laga pekan ke-2 Liga 1 2020 antara Persija vs Persebaya sendiri dipastikan ditunda. Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh manajer Persebaya, Candra Wahyudi saat mendampingi latihan tim di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. 

Tertundanya partai big match tersebut, dikarenakan Pemprov DKI Jakarta tidak memberikan izin keramaian. Langkah tersebut merupakan imbas dari wabah virus Corona yang terjadi di Depok awal pekan ini.

"Jadi kami dapat surat dari liga, dasar surat itu dari Pemprov DKI Jakarta. Penundaan pertandingan sampai waktu yang belum ditentukan," kata Candra Wahyudi, pada Rabu (04/03/20). 

Usai mendapatkan kepastian pembatalan laga tersebut, membuat Persebaya langsung mengalihkan persiapan mereka ke pertandingan berikutnya.

Jika sesuai dengan jadwal Liga 1 2020, Persebaya bakal menghadapi Persipura. Laga tersebut rencananya berlangsung pada Kamis (12/03/20) nanti di Stadion GBT.

Merebaknya wabah Corona yang mulai masuk ke Indonesia, ternyata tidak cuma berdampak bagi sepak bola nasional bahkan beberapa negara kawasan ASEAN juga ikut merasakan imbas.

Akibatnya, sejumlah partai penting bahkan kompetisi tertinggi Liga ASEAN harus tertunda akibat virus yang berasal dari China ini. Salah satu keputusan mengejutkan datang Thailand, di mana federasi sepak bola Thailand menghentikan semua level kompetisi mulai dari Thai League 1 hingga Thai League 4.

Melansir dari laman aseanfootball.org, disebutkan jika semua level kompetisi di negeri Gajah Putih tersebut resmi ditunda hingga beberapa minggu kedepan.

"Penyelenggara Liga Satu Thailand hingga Liga Empat Thailand telah memutuskan untuk menunda semua pertandingan hingga bulan depan," tulis laman tersebut.

Tidak cuma Thailand, Malaysia juga ikut menunda rencana uji coba Timnas mereka bulan Maret 2020 mendatang. dari laman yang sama disebutkan jika Malaysia dijadwalkan melawan Bahrain pada 21 Maret 2020 di Khalifa Sports City. Rencana tersebut akhirnya batal setelah ramainya isu virus Corona.

Sejatinya jauh sebelum Thailand dan Malaysia, negara Vietnam telah lebih dulu melakukan antisipasi terhadap penyebaran virus Corona ini, bahkan mereka memutuskan bertanding tanpa penonton dalam partai final Piala Super V-League 2020 pekan lalu.