Liga Indonesia

Cara PSM Makassar Perbaiki Mental Buruk Laga Tandang Warisan Musim Lalu

Sabtu, 7 Maret 2020 15:56 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSM Makassar memulai kampanye perburuan gelar juara Shopee Liga 1 2020 dengan dibayangi mental buruk pada laga tandang. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSM Makassar memulai kampanye perburuan gelar juara Shopee Liga 1 2020 dengan dibayangi mental buruk pada laga tandang.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar memulai kampanye perburuan gelar juara Shopee Liga 1 2020 dengan dibayangi mental buruk pada laga tandang. Pasukan Ramang pun telah melakukan sejumlah cara untuk memperbaiki warisan dari musim lalu tersebut.

Sebagaimana diketahui, PSM hanya meraih tiga poin dari 17 laga tandang pada Liga 1 musim lalu, hasil dari tiga imbang dan 14 kalah. Catatan yang sangat buruk namun Pasukan Ramang terselamatkan dengan raupan 41 poin dari laga kandang musim lalu.

Berganti pelatih pada Liga 1 2020 ini, PSM berusaha melupakan catatan buruk tersebut. Pelatih Bojan Hodak pun langsung memperbaiki mental buruk Willjan Pluim dkk. sejak pertama kali menjalankan tugasnya pada Rabu (08/01/20) silam.

"Kami tidak mau mengigat kondisi buruk yang dialami PSM pada musim lalu. Ketika Coach Bojan datang, yang pertama diperbaiki ialah mental berlaga di laga kandang dan tandang secara khusus," ungkap penyerang PSM, Ferdinand Sinaga, Rabu (05/03/20).

Sejauh ini, PSM telah memainkan enam laga resmi dengan rincian empat laga di ajang Piala AFC 2020 dan dua laga di Liga 1 2020. Pasukan Ramang telah melewati tiga laga tandang dengan raihan sekali menang, imbang, dan kalah plus enam gol dan empat kebobolan.

"Semua pemain, termasuk yang baru juga sudah merubah semua cara pandangnya. Mental kami sudah berubah, mulai dari play-off Piala AFC hingga laga pertama di liga kami berhasil meraih hasil baik," tutur top skor PSM empat musim beruntun ini.

Setali tiga uang, pelatih Bojan Hodak juga menilai mental tandang Willjan Pluim dkk. sudah mulai sedikit membaik. Hal tersebut tak terlepas dari rentetan hasil baik dari empat laga di ajang Piala AFC 2020 dan laga pembuka Liga 1 2020 melawan PSS Sleman.

"Hasil itu membuat mental pemain semakin hari semakin bagus. Sejauh ini, kami sudah memainkan dua laga tandang diajang Piala AFC, kami menang dan kalah sekali," ungkap pelatih sepakbola berusia 48 tahun asal Kroasia ini, Rabu (05/03/20).

Terkini, PSM Makassar baru saja memainkan laga tandang pertama pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020. Pasukan Ramang sukses menahan imbang Persita Tangerang dengan skor 1-1 di Stadion Sport Center, Tangerang, Jumat (06/03/20).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%