Bola Internasional

3 Catatan Menarik Jelang Duel PSM Makassar vs Kaya FC di Piala AFC 2020

Senin, 9 Maret 2020 20:25 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Ofisial PSM
Sejumlah catatan menarik menghiasi laga matchday ketiga Piala AFC 2020 antara PSM Makassar vs Kaya FC Iloilo, Selasa (10/03/20) sore WIB. Copyright: © Ofisial PSM
Sejumlah catatan menarik menghiasi laga matchday ketiga Piala AFC 2020 antara PSM Makassar vs Kaya FC Iloilo, Selasa (10/03/20) sore WIB.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar kembali melanjutkan perjuangannya di Piala AFC 2020 melawan Kaya FC pada matchday ketiga Grup H di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selatan, Selasa (10/03/20) besok. 

PSM Makassar menatap laga ini dengan optimisme tinggi. Tim Juku Eja baru meraih kemenangan pada matchday kedua saat menundukkan Shan United dengan skor 3-1.

Melawan Kaya FC di kandang, tentu saja PSM pun bakal menargetkan poin penuh. Namun begitu, PSM Makassar menaruh kewaspadaan tingkat tinggi kepada Kaya FC

Sebab, runner-up Liga Filipina itu berhasil menjadi pemuncak klasemen sementara grup H Piala AFC 2020. Selain hal-hal di atas, sejumlah catatan menarik pun menghiasai laga kedua tim. Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. PSM Kehilangan 2 Pilar

Sebagaimana diketahui, PSM masih belum bisa memainkan Pluim pada laga esok hari. Penyebabnya ialah hukuman tambahan yang diberikan oleh AFC kepada pesepakbola asal Belanda tersebut.

Bojan Hodak pun menyebut persiapan anak asuhnya terganggu dengan absennya Pluim. Terlebih lagi, daftar pemain cedera PSM bertambah menyusul Rizky Pellu yang mengalami masalah di pergelangan kakinya pada laga terakhir di ajang Shopee Liga 1 2020.

"Laga akan berjalan sulit karena persiapan kami sedikit kacau. Pemain kunci yang sering dimainkan sekaligus kapten PSM, Willjan Pluim masih menjalani hukuman kartu merah sehingga masih absen untuk laga ini," ujar Hodak, Senin (09/03/20).

2. Laga Tanpa Penonton

Virus Corona terus menyerang dunia olahraga, khususnya sepak bola. Setelah sejumlah laga di liga Eropa tertunda, terkini duel PSM Makassar vs Kaya FC di ajang penyisihan grup H Piala AFC 2020 akan dihelat tanpa penonton, Selasa (10/03/20).

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim yang merunut hasil Match Coordination Meeting (MCM). Sehingga Stadion Madya Senayan, Jakarta, yang menjadi venue untuk laga besok dipastikan akan sepi tanpa riuh penonton.

"Perihal virus corona yang sudah masuk ke Indonesia, khususnya Jakarta, pada MCM tadi ditetapkan bahwa laga tanpa penonton. Besok, juga akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh saat akan memasuki stadion dan yang di atas 38 derajat akan diberi tindakan khusus," ungkap Sulaiman, Senin (09/03/20).

3. Bukan yang Pertama 

Pertemuan antara PSM Makassar kontra Kaya FC esok hari bukanlah pertemuan yang pertama di antara kedua tim. Sebelum ini keduanya pernah bersua dua kali di fase grup Piala AFC 2019. 

Dari dua pertemuan musim lalu, PSM meraih satu kemenangan dan satu imbang. Hasil imbang 1-1 diraih di Pakansari Bogor, sementara kemenangan 2-1 didapat di kandang Kaya Iloilo.