Bola Internasional

Apa Kabar Ivan Helguera? Redup di Roma Hingga Melejit Sama Madrid

Senin, 9 Maret 2020 16:13 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ross Kinnaird/Getty Images
Apa kabar Ivan Helguera, legenda Real Madrid peraih 2 trofi Liga Champions beruntun. Copyright: © Ross Kinnaird/Getty Images
Apa kabar Ivan Helguera, legenda Real Madrid peraih 2 trofi Liga Champions beruntun.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Ivan Helguera? Legenda Real Madrid peraih 2 trofi Liga Champions beruntun.

Memiliki nama lengkap Ivan Helguera Bujia, pemuda asal Santender, Spanyol ini memulai karier di dunia sepak bola dengan masuk ke akademi Racing Santander.

Talenta berbakat yang kerap bermain sebagai gelandang bertahan ini pun dianggap memiliki kemampuan sangat baik di eranya.

Bahkan, Ivan Helguera dipromosikan ke Racing B selama semusim 1994/95. Lalu pada 1995, pemain dengan tinggi 185 cm itu berlabuh ke Revilla.

Selanjutnya, Helguera menerima tawaran dari Manchego (1995/96). Helguera membuat 13 penampilan dengan dua gol. Kemampuannya pun mendapat pantauan dari tim lain.

Di mana Albacete sukses memboyong Helguera dan dikontrak selama semusim (1996/97). Helguera pun turut membuat dua gol dari 14 penampilannya kala itu.

Ketangguhannya di lini belakang turut membuat klub Liga Italia AS Roma kepincut. Bahkan, Helguera turut menerima tawaran tersebut dari klub tersebut.

Namun, selama membela AS Roma, Helguera hanya bermain sebanyak delapan kali saja tanpa membuat gol (1997/98). Dirinya yang masih muda kalah saing dengan seniornya.

Helguera pun kembali ke Spanyol ketika Espanyol menawarinya kontrak. Tanpa ragu Helguera pun resmi berseragam Espanyol dengan membuat dua gol dari 37 laga.

Kesempatan untuk terus bersinar datang kala Real Madrid mengontrak Helguera pada awal musim 1999 silam. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Helguera.

Pasalnya, pemain yang lahir pada 28 Maret 1975 silam itu mampu menjadi andalan di sektor tengah Real Madrid selama kurang lebih delapan musim.

Bersama Real Madrid, Helguera mengemas 19 gol dari 229 penampilan. Memasuki usia senja, Helguera pun berlabuh ke Valencia dengan membuat satu gol dari 25 laga.

Tak hanya itu, kemampuannya yang tangguh di lini tengah juga turut mengantarkan Helguera masuk tim naisonal Spanyol (1998-04). Helguera mengemas tiga gol dari 47 laga.

Raih Trofi Bergengsi

© Shaun Botterill/Getty Images
Ivan Helguera (paling kanan) saat masih menjadi rekan setim David Bckham di Real Madrid. Copyright: Shaun Botterill/Getty ImagesIvan Helguera (paling kanan) saat masih menjadi rekan setim David Bckham di Real Madrid.

Semasa aktif bermain sepak bola, Ivan Helguera sempat meraih beragam gelar juara. Akan tetapi, Helguera mendapatkanya kala membela Real Madrid.

Sejumlah trofi macam LaLiga (2000/01, 2002/03, 2006/07), Supercopa de Espana (2003), Liga Champions (1999/00, 2001-02), Intercontinental Cup (2002), dan UEFA Super Cup (2002).

Tak hanya itu, Helguera sempat pula meraih satu gelar kala membela Valencia, yakni Copa del Rey (2007/08) saja. Namun tak berdaya dalam mengantarkan tim nasional Spanyol juara.

Kabar Terbaru

© Denis Doyle/Getty Images
Legenda Real Madrid Ivan Helguera. Copyright: Denis Doyle/Getty ImagesLegenda Real Madrid Ivan Helguera.

Usai memilih pensiun pada akhir musim 2008/09 lalu, Helguera beberapa kali sempat memberikan pernyataan akan klub yang telah membesarkan namanya, Real Madrid.

Kala Real Madrid ditangani Jose Mouriho, Helguera sempat tak suka akan gaya manajer asal Portugal itu. Dia menilai tak ada pelatih yang sempurna.

"Ada beberapa perbuatannya yang tak saya sukai, contohnya sikap yang terus menonjolkan diri," kata Helguera dikutip EFERadio, April 2013 lalu.

Bahkan, Helguera juga sempat memberikan komentar akan penampilan Casemiro, yang digadang-gadang bakal dipasang sebagai bek tengah padahal posisinya gelandang bertahan.

"Jelas, Casemiro adalah gelandang, yang punya kelebihan kondisi fisik dan kekuatan, selain potensi," ujar Helguera dilansir Football Espana, September 2017.

Kabar terkini menampilkan kalau Ivan Helguera ternyata mendirikan sebuah usaha yang tak jauh dengan dunia sepak bola dan bernama FEEL Futbol.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FEEL FUTBOL (@feel_futbol) on

FEEL Futbol adalah sistem pelatihan yang kuat untuk pemain sepak bola, berdasarkan metode FEEL, yang dikembangkan oleh Ivan Helguera dan beberapa ahli dalam metode pelatihan dan pembinaan olahraga.

"Ini mengintegrasikan empat aspek mendasar untuk pemain sepak bola, dengan tujuan mencapai pengembangan maksimum dari potensi olahraga pemain dalam kinerja karyanya di lapangan," tulis pernyataan FEEL Futbol.

Bahkan, dalam unggahan di akun media sosial resmi FEEL Futbol, menjelaskan kalau ada agenda yang bakal dihelat pada 9 sampai 12 April 2020 mendatang.