Liga Inggris

Virus Corona Ancam Ganggu Laga Wakil Inggris di Kompetisi Eropa

Senin, 9 Maret 2020 19:34 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Rob Newell - CameraSport via Getty Images
Skuat Tottenham merayakan golnya ke gawang Norwich City Copyright: © Rob Newell - CameraSport via Getty Images
Skuat Tottenham merayakan golnya ke gawang Norwich City

INDOSPORT.COM - Dua wakil Inggris harap-harap cemas jelang laga Liga Champions dan Liga Europa tengah pekan ini.

Klub London Utara, Tottenham Hotspur tengah diliputi ketidakpastian tentang jadi atau tidaknya mereka menghadapi RB Leipzig dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Pertandingan melawan wakil Jerman tersebut direncanakan berlangsung Rabu (11/03/20) dini hari WIB.

Namun, rencana tersebut kini menghadapi tanda tanya besar setelah muncul imbauan dari pemerintah Jerman. Kementerian Kesehatan Jerman telah meminta sejumlah pihak untuk membatalkan acara apa pun yang berpotensi mendatangkan lebih dari 1.000 pengunjung.  

Imbauan itu menjadi perkembangan terbaru terkait pengaruh penyebaran virus corona di dunia olahraga Jerman. Pada akhir pekan lalu, seluruh pertandingan Liga Jerman berhasil digelar sesuai jadwal. 

Meski demikian, sekitar 550 fans Borussia Monchengladbach, yang merupakan daerah terinfeksi corona, memilih melakukan refund tiket mereka untuk laga melawan Borussia Dortmund.

Spurs sendiri kini terancam gagal lolos ke babak berikutnya setelah kalah 0-1 dari Leipzig dalam laga yang digelar di kandang mereka sendiri, tiga minggu lalu. Untuk lolos ke delapan besar, tim asuhan Jose Mourinho itu membutuhkan kemenangan dengan skor minimal 2-0.

Sementara itu, wakil Inggris di kancah Liga Europa, Wolverhampton Wanderers, juga terkena imbas dari virus corona. Laga mereka di babak 16 besar Liga Europa terancam akan digelar tanpa penonton. Wolves sedianya akan bertandang ke Yunani untuk menghadapi tuan rumah Olympiakos, Jumat (13/03/20) nanti.

Pada hari Minggu (08/03/20) lalu pemerintah Yunani melarang kehadiran penonton dalam semua kompetisi olahraga profesional selama dua minggu ke depan. Manajemen Olympiakos masih akan menunggu hasil pertemuan antara UEFA dan pemerintah Yunani, Senin (09/03/20), sebelum mengumumkan keputusan akhir.

Wolves sendiri tampil meyakinkan dalam kampanye Liga Europa musim ini setelah absen selama 40 tahun. Tim asuhan Nuno Espirito Santo itu menempati peringkat kedua Grup K dan lolos ke babak 32 besar. 

Dalam babak 32 besar, mereka sukses menyingkirkan Espanyol dengan agregat 6-3 untuk kemudian menghadapi Olympiakos di 16 besar.