Bola Internasional

3 Fakta Menarik Tercipta Usai Pertandingan Piala AFC 2020 PSM Makassar vs Kaya FC

Selasa, 10 Maret 2020 19:28 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSM Makassar hanya berhasil meraih hasil imbang melawan Kaya FC di lanjutan Piala AFC 2020. Sejumlah fakta menarik pun tercipta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSM Makassar hanya berhasil meraih hasil imbang melawan Kaya FC di lanjutan Piala AFC 2020. Sejumlah fakta menarik pun tercipta.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar hanya berhasil meraih hasil imbang melawan Kaya FC di lanjutan Piala AFC 2020. Sejumlah fakta menarik pun tercipta.

Bermain sebagai tuan rumah di Stadion Madya, Senayan Jakarta, PSM Makassar gagal meraih tiga poin penuh. Usai hanya mampu meraih hasil pertandingan imbang 1-1 melawan Kaya FC, Selasa (10/03/20).

Sempat unggul 1-0 lewat gol Osas Saha di menit ke-22, PSM Makassar harus rela tiga poinnya melayang, setelah Eric Giganto bisa menyamakan kedudukan di menit ke-50.

Meski akhirnya gagal meriah tiga poin penuh, hasil imbang yang diraih PSM Makassar sebenarnya masih cukup baik, mengingat mereka harus bermain 10 orang sejak menit ke-10, setelah Dedi Gusmawan mendapatkan kartu kuning kedua, yang berujung kartu merah.

Termasuk kartu merah Dedi Gusmawan itu, sejumlah fakta menarik pun tercipta di Laga Piala AFC 2020 PSM Makassar vs Kaya FC. Apa Saja? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkumkan.

Langganan Kartu Merah

Fakta pertama, berkaitan langsung dengan kartu merah PSM Makassar yang didapat Dedi Gusmawan.  Kartu merah yang didapat pemain baru dari Semen Padang itu, semakin melekatkan PSM Makassar sebagai langganan peraih kartu merah di Piala AFC musim ini.

Dari lima pertandingan yang telah mereka lalui di Piala AFC 2020 sejak fase kualifikasi, hanya dua kali mereka tak mendapatkan kartu merah di sebuah pertandingan, yakni ketika bertandeng ke markas Lalenok di fase kualifikasi dan melawan Shan United akhir Februari lalu.

Sementara di tiga pertandingan lainnya, mulai dari Wiljan Pluim, Serif Hasic hingga kini Dedi Gusmawan menjadi penerima kartu merah di kubu PSM Makassar.

Kartu Merah Tercepat Kedua

Fakta kedua yang hadir dalam pertandingan ini adalah bahwa kartu merah yang diterima Dedi Gusmawan merupakan kartu merah tercepat kedua di Piala AFC musim ini.

Mendapatkan karu merah di menit ke-10, Dedi Gusmawan hanya terpaut enam menit dari Andre Fagan, pemain Than Quang Ninh yang mendapatkan kartu merah pada menit ke-4 saat melawan Bali United (11/02/20).

Ferdinand Sinaga

Fakta terakhir dengan hasil imbang melawan Kaya FC adalah untuk pertama kalinya Ferdinand Sinaga gagal mencetak gol buat PSM Makassar di Piala AFC 2020.

Sejak fase kualifikasi lalu, pemain asal Medan itu memang menjadi andalan Bojan Hodak di lini depan PSM Makassar. Total enam gol sudah diciptakan Ferdinand Sianaga sejak fase kualifikasi.

Sayang memang, meski turun sejak menit awal, Ferdinand Sinaga yang bertandem dengan Osas Saha, gagal melanjutkan rekor selalu mencetak gol untuk PSM Makassar di Piala AFC 2020 melawan kaya FC tadi.