Bola Internasional

Termasuk Kehadiran Eks Persib, 3 Garansi PSM Makassar Bisa Jungkalkan Kaya FC di Piala AFC

Selasa, 10 Maret 2020 07:10 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSM Makassar sepertinya punya sejumlah garansi untuk menjungkalkan Kaya FC di laga lanjutan Piala AFC 2020, termasuk soal kehadiran eks Persib Bandung. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSM Makassar sepertinya punya sejumlah garansi untuk menjungkalkan Kaya FC di laga lanjutan Piala AFC 2020, termasuk soal kehadiran eks Persib Bandung.

INDOSPORT. COM - PSM Makassar sepertinya punya sejumlah garansi untuk menjungkalkan Kaya FC di laga lanjutan Piala AFC 2020, termasuk soal kehadiran eks Persib Bandung.

Pentas Piala AFC 2020 pada hari Selasa (10/03/20) bakal memainkan matchday ketiga fase grup. PSM Makassar, klub Liga 1 2020 yang tergabung di Grup H, sore nanti juga bakal turun bertanding.

Jika sesuai jadwal, PSM Makassar akan jumpa klub Filipina, Kaya FC di Stadion Madya Senayan Jakarta, mulai pukul 15.30 WIB. Laga ini sendiri dipastikan digelar tanpa penonton, lantaran menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengantisipasi bahaya virus corona.

Ketiadaan penonton mungkin berpotensi mengendurkan performa PSM Makassar ketika berlaga kontra Kaya FA. Maklum saja, berstatus sebagai tim kandang, PSM Makassar malah tak mendapat dukungan penuh suporter setianya.

Meski begitu, bukan berarti PSM Makassar bisa dengan mudah dijinakkan kubu lawan. Skuat Juku Eja justru punya sejumlah garansi yang menguatkan peluang tim untuk menjungkalkan Kaya FC.

Salah satu garansinya lahir berkat kehadiran eks Persib Bandung, Ferdinand Sinaga. Peran Ferdinand Sinaga di lini depan diyakini bisa jadi faktor pembeda dan memberikan kemenangan kepada PSM Makassar.

Lalu, seperti apa sajakah versi lengkap dari segala garansi yang dimiliki PSM Makassar? INDOSPORT coba mengulasnya ke dalam penjabaran berikut.

Rekor Pertemuan

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pertandingan PSM Makassar vs Kaya FC. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comPertandingan PSM Makassar vs Kaya FC.

Laga PSM Makassar vs Kaya FC bukan sekali ini saja terjadi di ajang Piala AFC. Musim lalu, pertemuan serupa turut berlangsung, dan rekor berpihak kepada kubu PSM Makassar.

Kala itu, PSM Makassar dan Kaya FC sama-sama tergabung ke dalam Grup H. Dua kali bertemu Kaya FC, baik laga kandang maupun tandang, skuat Juku Eja sama sekali tak tersentuh kekalahan. 

Pertemuan pertama terjadi tanggal 2 April 2019. Bermain di Stadion Pakansari Bogor, PSM Makassar ditahan imbang 1-1 oleh Kaya FC.

Berlanjut ke pertemuan kedua, PSM Makassar yang bertindak sebagai tim tamu tampil menggila. PSM Makassar pun sukses mempermalukan Kaya FC di depan publiknya sendiri dengan skor tipis 2-1.

Rekor manis tersebut rasanya bukan mustahil terulang lagi di tahun 2020. Punya pengalaman mengalahkan Kaya FC musim lalu, PSM Makassar tentu sudah mengerti betul bagaimana cara menjinakkan tim lawan dalam laga nanti sore.


Kondisi Fisik

Pertandingan antara Persita Tangerang vs PSM Makassar, pada Liga 1 di Stadion Sport Centre, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (06/03/20). Copyright: Instagram@persita.officialPertandingan antara Persita Tangerang vs PSM Makassar, pada Liga 1 di Stadion Sport Centre, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (06/03/20).

PSM Makassar tampak punya modal lebih unggul ketimbang tim lawan, Kaya FC, jelang laga Piala AFC 2020 sore nanti. Hal ini tak lepas dari sudah bergulirnya kompetisi lokal di Indonesia, Liga 1 2020.

Setidaknya sudah ada dua laga Liga 1 2020 yang dimainkan PSM Makassar. Pertama, menang 2-1 atas PSS Sleman, dan kedua tertahan 1-1 saat bertamu kontra Persita Tangerang.

Keikutsertaan PSM Makassar di Liga 1 2020 tentu membuat kondisi fisik para pemain telah terbiasa untuk menghadapi laga-laga kompetitif. Berbeda dengan situasi Kaya FC, yang hingga kini kompetisi lokal di negara asalnya, Liga Filipina belum jua dimulai.

Kondisi fisik Kaya FC pun kesiapannya diyakini masih satu tingkat di bawah PSM Makassar. Jika faktor tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal, bukan mustahil PSM Makassar akan dengan mudah meraih kemenangan atas Kaya FC sore nanti.

Kehadiran Eks Persib Bandung

© Media PSM Makassar
Laga leg pertama play-off Piala AFC 2020 antara Lalenok United vs PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (22/1/20). Copyright: Media PSM MakassarLaga leg pertama play-off Piala AFC 2020 antara Lalenok United vs PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (22/1/20).

PSM Makassar mungkin patut bersyukur memiliki eks penyerang Persib Bandung, Ferdinand Sinaga. Kehadiran Ferdinand sebagai juru gedor, belakangan begitu produktif menghasilkan gol-gol untuk PSM Makassar.

Lihat saja dalam enam laga terakhir PSM Makassar, baik di ajang Piala AFC maupun Liga 1, penampilan Ferdinand tak pernah sepi dari kata menjebol gawang lawan. Mulai dari laga Kualifikasi Piala AFC 2020 hingga pertandingan pekan ke-2 Liga 1 2020, Ferdinand sukses menyumbangkan total tujuh gol.

Menariknya, Ferdinand hanya sekali absen mencetak gol. Tepatnya di laga pekan ke-2 Liga 1 2020 kontra Persita Tangerang, Ferdinand yang turun berlaga sebagai pemain pengganti gagal menyumbangkan skor, dan laga berakhir imbang 1-1.

Berkaca dari segala penjabaran di atas, Ferdinand jelas bakal menjadi salah satu garansi PSM Makassar untuk menjungkalkan Kaya FC. Jika dimainkan, kualitas ketajaman Ferdinand di lini depan PSM Makassar diyakini bisa memberikan banyak gol dan tentunya juga kemenangan.