Bola Internasional

Selamat Ulang Tahun Didier Drogba, Si Raja London Barat

Rabu, 11 Maret 2020 19:38 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Legenda Chelsea dan Pantai Gading, Didier Drogba hari ini (11/3/2020) merayakan ulang tahunnya yang ke 42 tahun. Copyright: © Getty Images
Legenda Chelsea dan Pantai Gading, Didier Drogba hari ini (11/3/2020) merayakan ulang tahunnya yang ke 42 tahun.

INDOSPORT.COM – Legenda Chelsea dan Pantai Gading, Didier Drogba hari ini (11/3/2020) merayakan ulang tahunnya yang ke 42 tahun.

Drogba adalah ikon sekaligus legenda hidup sepakbola di Pantai Gading. Sebagai ikon, penyerang kelahiran Abidjan 11 Maret 1978 ini telah berbuat banyak untuk bangsa dan negaranya. Nama besarnya di Afrika benar-benar dia gunakan secara baik dan tepat.

Dua yang paling menyita perhatian adalah ketika pada tahun 2006 yang lalu, selepas memastikan Pantai Gading lolos ke Piala Dunia 2006 dirinya meminta dengan sungguh-sungguh atas nama rakyat Pantai Gading agar para kombatan yang saling bertempur di Perang Sipil Pantai Gading mau melakukan gencatan senjata.

Hasilnya adalah, para pihak yang bertikai saat itu mau menaruh senjata mereka dan melakukan gencatan senjata setelah hampir 5 tahun mereka saling berperang.

Yang kedua adalah ketika pada tahun 2009 dirinya memutuskan untuk menyumbangkan 3 juta poundsterling (55,6 miliar rupiah) yang dia terima dari Pepsi untuk pembangunan rumah sakit di kampung halamannya di Abidjan, Pantai Gading.

Bahkan saking menginspirasinya, pada tahun 2010 Drogba masuk ke dalam daftar 100 orang yang paling menginspirasi bikinan majalah Time bersanding dengan nama-nama seperti Malalai Joya, salah satu tokoh wanita asal Afghanistan, Bill Clinton, dan Ben Stiller.

Memulai karier profesionalnya di Le Mans pada tahun 1998, Drogba tercatat pernah membela 8 klub di 6 negara dan 3 benua selama 20 tahun karirnya di lapangan hijau. Selama itu pula, salah satu penyerang terbaik asal Afrika ini tercatat telah mencetak 300 gol dari 686 penampilannya.

Sumbangan gol terbesar datang ketika dirinya berseragam Chelsea dari tahun 2004-2012 dan 2014. Di Stamford Bridge, Drogba tercatat mencetak 164 gol dari 381 penampilannya bersama panji biru London Barat.

Catatan yang juga membuat dirinya sukses mengantarkan 4 trofi Liga Inggris, 4 Piala FA, 3 Piala Liga Inggris, 1 trofi Liga Champions, dan sederet penghargaan pribadi lainnya.

Sampai saat ini, bersama George Weah dan Samuel Eto’o, dirinya dianggap sebagai contoh nyata kesuksesan pesepakbola Afrika di tanah Eropa. Kemampuan mereka di lapangan berbanding lurus dengan capaian trofi maupun gelar pribadi yang mereka peroleh.

Selamat ulang tahun ke-42, Didier Yves Drogba Tebily!