Liga Indonesia

Ada Eks Persib, 4 Jebolan Piala AFF yang Kini Jadi Pelatih di Liga 2 2020

Kamis, 12 Maret 2020 12:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Terdapat empat jebolan Piala AFF yang kini menjabat pelatih di sejumlah klub Liga 2 2020. Ada eks Persib Bandung di antaranya. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Terdapat empat jebolan Piala AFF yang kini menjabat pelatih di sejumlah klub Liga 2 2020. Ada eks Persib Bandung di antaranya.

INDOSPORT.COM - Terdapat empat jebolan Piala AFF yang kini menjabat pelatih di sejumlah klub Liga 2 2020. Ada eks Persib Bandung di antaranya.

Kompetisi Liga 2 2020 bakal dimulai pada 14 Maret mendatang. Hal ini sudah disampaikan oleh Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri.

"Laga pembukaan Insha Allah dilaksanakan di Balikpapan pada 14 Maret antara Persiba melawan Kalteng Putra," ujar Cucu kepada awak media, Jumat (6/3/20).

Cucu juga menambahkan bahwa laga pembuka tersebut dilakukan di luar Jawa dan memilih Kalimantan supaya publik bisa melihat bagaimana wilayah calon ibu kota baru.

Musim ini terdapat regulasi baru, dimana dua klub teratas dari masing-masing wilayah (barat dan timur) berhak promosi ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Sedangkan untuk posisi kedua dari masing-masing wilayah juga akan melakoni pertandingan penentu untuk mencari klub terakhir yang promosi.

Untuk tiga klub terbawah dari wilayah barat dan timur masih tetap akan mengalami degradasi. Sehingga bisa disebut kalau ajang Liga 2 2020 semakin sulit.

Menjelang bergulirnya Liga 2, semua klub tengah memantapkan diri. Mereka sudah disibukan dengan perbaikan stadion, manajemen, pemain, hingga pelatih.

Pelatih-pelatih yang didatangkan juga tak sembarangan karena harus sesuai dengan regulasi yang ada di mana memiliki minimal lisensi B AFC.

Kendati demikian, ternyata ada legenda sepak bola Indonesia yang sempat merasakan tampil di Piala AFF (dulu Piala Tiger) kini melatih di beberapa klub Liga 2 2020.

1. Yusuf Ekodono

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Yusuf Ekodono saat bertanding eksibisi di Stadion 10 November. Kamis (24/10/19). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTYusuf Ekodono saat bertanding eksibisi di Stadion 10 November. Kamis (24/10/19).

Pelatih anyar PS Hizbul Wathan, Yusuf Ekodono, merupakan salah satu mantan pemain yang bisa disebut sebagai jebolan Piala AFF.

Hal itu terjadi ketika Yusuf diikutsertakan dalam membela timnas Indonesia di Piala Tiger 1998. Dia turut mengantarkan Skuat Garuda finis di posisi ketiga kala itu.

Bahkan Yusuf Ekodono sempat mencetak satu gol ke gawang Thailand dalam laga perebutan tempat ketiga. Tendangan penaltinya sukses di babak tersebut.

2. Robby Darwis

© bola.vivanews.com
Robby Darwis, mantan pemain (Persib Bandung) Copyright: bola.vivanews.comRobby Darwis, mantan pemain dan pelatih Persib Bandung.

Sebelumnya ada eks Persib Bandung, Robby Darwis, yang juga bisa ditetapkan sebagai salah satu mantan pemain jebolan Piala AFF.

Robby Darwis kala itu membela timnas Indonesia untuk Piala Tiger 1996 silam. Skuat Garuda sempat tampil luar biasa pada fase grup dan Darwis turut mencetak satu gol.

Kini Robby Darwis masih tetap dipercaya dalam menangani klub promosi Liga 2 2020 PSKC Cimahi. Bahkan baru-baru ini klubnya merekrut Atep, Tantan, Agung Pribadi, dan Siswanto.

3. Elie Aiboy

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persewar, Elie Aiboy. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPelatih Persewar, Elie Aiboy.

Selanjutnya ada putra Papua Elie Aiboy yang juga telah pensiun dan beralih menjadi pelatih. Dia juga menjadi salah satu jebolan Piala AFF.

Elie memulai debutnya di Piala AFF 2002, namun timnas Indonesia hanya menjadi runner-up usai kalah dari Thailand di final.

Kemudian di Piala AFF 2004, Elie Aiboy juga dipanggil untuk membela timnas Indonesia. Dia mencetak empat gol dan lagi-lagi cuma finis sebagai runner-up.

Lalu pada edisi Piala AFF 2007, Elie juga tetap menjadi andalan. Tetapi Timnas Indonesia tak berdaya di fase grup dan gagal melaju ke semifinal.

Selanjutnya di Piala AFF 2008, Elie masih diandalkan timnas Indonesia, tapi langkah mereka mentok di semifinal usai kalah dua kali dari Thailand.

Edisi Piala AFF 2012 menjadi yang terakhir Elie Aiboy membela timnas Indonesia. Namun Skuat Garuda juga tetap tak berdaya pada babak fase grup.

Kini Elie Aiboy menukangi klub Liga 2 2020 Persewar Waropen. Klub tersebut kerap disebut sebagai kuda hitam usai sukses promosi dari Liga 3 2018.

4. Seto Nurdiyantoro

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Lokasi latihan PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari dekat dengan rumah, Seto Nurdiyantoro pilih gunakan sepeda sebagai transportasi Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTLokasi latihan PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari dekat dengan rumah, Seto Nurdiyantoro pilih gunakan sepeda sebagai transportasi

Terakhir ada Seto Nurdiyantoro yang turut menjadi salah satu jebolan Piala AFF dan kini menekuni dunia kepelatihan sepak bola profesional.

Seto turut menjadi bagian dari timnas Indonesia di Piala AFF 2000. Dia mencetak satu gol dan hanya mengantarkan timnas Indonesia finis sebagai runner-up saja.

Belakangan, Seto Nurdiyantoro resmi menjadi pelatih PSIM Yogyakarta untuk melakoni seluruh pertandingan di Liga 2 2020. Kemampuannya dalam membawa klub berprestasi mendapat tantangan berat dari rival-rivalnya.