Liga Spanyol

Virus Corona Memasuki Klub, Real Madrid Karantina Seluruh Pemainnya

Jumat, 13 Maret 2020 04:38 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Angel Martinez/Getty Images
Valdebebas, tempat latihan Real Madrid. Copyright: © Angel Martinez/Getty Images
Valdebebas, tempat latihan Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, resmi mengarantina seluruh pemain dan stafnya, Kamis (12/03/2020). Langkah ini diambil setelah salah satu pemain di klub basket mereka dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Perlu diketahui, tim sepak bola dan tim basket Real Madrid menggunakan fasilitas yang sama di pusat latihan mereka di Valdebebas, bersama dengan tim usia muda mereka.

Pihak klub pun memutuskan untuk menutup Valdebebas secara total dan merumahkan seluruh pemain serta staf mereka. Keluarga dari anggota staf yang bekerja di Valdebebas juga dihubungi dan diminta segera pulang dari tempat mereka bekerja.

Anggota skuat tim utama Real Madrid sempat tiba di pusat latihan, Kamis (12/03/20) waktu setempat, namun kemudian diminta meninggalkan lokasi. Sebuah pengumuman kemudian dirilis, yang menyatakan pertandingan tim basket dan tim sepak bola Real Madrid yang seharusnya digelar pekan ini resmi dibatalkan.  

Keputusan karantina tim Real Madrid ini diambil bertepatan dengan pengumuman ditundanya penyelenggaraan LaLiga selama dua pekan ke depan. Penundaan liga dilakukan karena Spanyol kini berada di tahap protokol melawan COVID-19.

"LaLiga menganggap bahwa keadaan sudah dalam batas untuk melawan COVID-19. Akibatnya, sesuai dengan langkah-langkah yang ditetapkan dalam Keputusan Kerajaan 664/1997 tanggal 12 Mei, setuju untuk menunda setidaknya dua hari ke depan," tulis rilis resmi LaLiga Spanyol.

Dengan adanya keputusan karantina itu, laga leg kedua 16 besar Liga Champions antara Real Madrid vs Manchester City kemungkinan besar akan turut dibatalkan.  Pertandingan Madrid vs City rencananya digelar Rabu (18/03/20) pekan depan di Etihad Stadium. Pada leg pertama yang digelar akhir Februari lalu, Madrid yang menjadi tuan rumah ditundukkan oleh tamunya dengan skor 1-2.

Meski demikian, dilansir Guardian hingga kini belum ada satu pun anggota skuat tim sepak bola Real Madrid yang positif terinfeksi virus corona.