Bola Internasional

Tak Takut Virus Corona, Ini Daftar Liga Sepak Bola yang Aktif Berkompetisi

Selasa, 17 Maret 2020 19:52 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Arum Kusuma Dewi
© LA Nacion
Sejumlah liga besar dilaporkan masih berlangsung di tengah merebaknya pandemi corona yang kini telah menyerang lebih dari 150 negara di dunia. Copyright: © LA Nacion
Sejumlah liga besar dilaporkan masih berlangsung di tengah merebaknya pandemi corona yang kini telah menyerang lebih dari 150 negara di dunia.

INDOSPORT.COM – Pandemi corona yang kian meluas membuat sejumlah kompetisi olahraga dibatalkan atau dihentikan sementara. Hal tersebut juga menimpa liga-liga top sepak bola seperti Liga Primer Inggris, Serie A Italia, dan LaLiga Spanyol.

Namun, sejumlah liga besar dilaporkan masih berlangsung di tengah merebaknya pandemi corona yang kini telah menyerang lebih dari 150 negara di dunia. Protes yang diluncurkan pihak pemain, pelatih, dan staf seolah tak dihiraukan para penyelenggara liga-liga tersebut.

Berikut ini adalah daftar liga-liga sepak bola dunia yang masih berlangsung di tengah pandemi corona:

Argentina

Pemerintah Argentina telah mengambil keputusan untuk menunda sejumlah pelaksaan kegiatan olahraga seperti Piala Dunia Anggar dan Grand Prix Atletik untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun, anehnya mereka membuat perkecualian untuk sepak bola.

Liga sepak bola Copa de la Superliga tetap digelar pekan lalu, dengan melibatkan klub-klub seperti Boca Juniors dan Newell’s Old Boys. Pertandingan dalam liga ini digelar tanpa penonton dan jabat tangan antar pemain kedua tim prapertandingan ditiadakan dan digantikan adu siku.

Brasil

Negara Amerika Selatan lain yang masih menggelar liga sepak bola di tengah pandemi corona adalah Brasil, meski pertandingan-pertandingan itu digelar tanpa penonton. Keputusan untuk tetap menggelar liga Campeonato Gaucho ini diprotes oleh pihak klub, salah satunya Gremio.

Sebagai bentuk protesnya karena dipaksa bermain di tengah wabah, para pemain Gremio memasuki lapangan menggunakan masker.

Aksi serupa dilakukan oleh pelatih mereka, Renato Portaluppi, yang mengenakan masker pada saat konferensi pers. Liga Brasil bahkan dipastikan akan menggelar gameweek berikutnya yang akan digelar pada 21 Maret.

Turki

Super Lig Turki adalah salah satu dari sedikit liga di Eropa yang masih berlangsung. Hal ini didasari oleh minimnya kasus positif corona yang ditemukan di negara tersebut.

Meski demikian, pertandingan-pertandingan di Liga Turki digelar tanpa penonton. Sejumlah klub seperti Galatasaray juga mengambil langkah pencegahan dengan menyemprot stadion dengan desinfektan, sehari sebelum pertandingan.

Super Lig Turki  juga masih direncanakan masih tetap akan digelar akhir pekan ini.

Rusia

Liga Primer Rusia menjadi sorotan karena memutuskan untuk tetap menggelar pertandingan dan mengizinkan keberadaan penonton di stadion. Seluruh pertandingan yang dijadwalkan akhir pekan lalu berhasil digelar dengan lancar dan gameweek berikutnya akan digelar pada 20-22 Maret besok.

Dalam pertandingan melawan FC Ural akhir pekan lalu, suporter Zenit St Petersburg membentangkan spanduk bertuliskan “Kami terinfeksi oleh sepak bola dan akan mati untuk Zenit.” 

Di Indonesia sendiri, penyebaran corona telah membuat kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 dihentikan sementara. Hingga Selasa (17/03/20), tercatat ada 172 kasus infeksi corona di Indonesia, dengan 5 korban meninggal, dan 9 orang dinyatakan sembuh.