Liga Inggris

Termasuk Liverpool dan Manchester United, 5 Klub yang Jadi Pecundang Bila Liga Inggris Dihentikan

Kamis, 19 Maret 2020 07:02 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Wacana Liga Inggris 2019/20 dihentikan bisa merugikan lima klub berikut, termasuk Liverpool dan Manchester United. Copyright: © INDOSPORT
Wacana Liga Inggris 2019/20 dihentikan bisa merugikan lima klub berikut, termasuk Liverpool dan Manchester United.

INDOSPORT.COM - Wacana Liga Inggris 2019/20 dihentikan bisa merugikan lima klub berikut, termasuk Liverpool dan Manchester United.

Merebaknya virus Corona Covid-19 telah mengusik kegiatan olahraga di berbagai negara, termasuk Negeri Ratu Elizabeth II. Kompetisi seperti Liga Inggris hingga Piala FA berpotensi dihentikan apabila kondisi tak kunjung membaik.

Memang, UEFA selaku otoritas sepak bola Eropa telah merevisi agenda sepak bola, termasuk memberikan waktu hingga 30 Juni bagi kompetisi-kompetisi domestik untuk menuntaskan musim 2019/20.

Meski demikian, ancaman berhentinya Liga Inggris di tengah jalan tanpa juara ataupun tim terdegradasi masih membayangi. Apabila demikian, lima klub berikut bisa berakhir sebagai pecundang.

1. Liverpool
Liverpool bakal jadi klub yang paling merugi apabila Liga Inggris dihentikan. The Reds hanya butuh dua kemenangan lagi dari sembilan laga yang belum mereka mainkan.

Terasa menyesakkan mengingat gelar Liga Inggris itu akan menjadi yang perdana bagi Liverpool dalam 30 tahun terakhir.

Memang, Liverpool masih berpeluang dinobatkan sebagai kampiun apabila FA selaku otoritas sepak bola Inggris merasa perlu adanya pemenang musim ini. Namun, tetap saja terasa janggal bila liga tidak dituntaskan.

2. Manchester United
Manchester United saat ini berada di urutan kelima klasemen sementara Liga Inggris. Apabila dihentikan, Setan Merah bakal menjadi pecundang yang gagal mengakhiri kompetisi di empat besar.

Apalagi, Man United sedang menikmati perkembangan positif di mana mereka tak terkalahkan dalam 11 pertandingan di seluruh kompetisi, hanya kemasukan dua gol.

Konsistensi yang baru saja mereka temukan sejak rentetan hasil buruk dari akhir musim 2018/19 hingga awal musim ini pantang menghilang begitu saja. Karena itu, Man United perlu Liga Inggris berjalan hingga pekan ke-38.

3. Sheffield United
Sungguh musim 2019/20 yang luar biasa dari Sheffield United. Sebagai tim promosi, mereka mampu bertengger di urutan ketujuh klasemen sementara Liga Inggris.

Karena itu, jika dihentikan tanpa pemenang, bakal terasa menyesakkan bagi The Blades. Mereka masih berpeluang besar meraih impian tampil di kompetisi antarklub Eropa, dengan target paling masuk akal ialah Liga Europa 2020/21.

4. Wolverhampton Wanderers
Melanjutkan tampilan istimewa di 2018/19, Wolves berpeluang kembali ke pentas antarklub Eropa musim depan. Mereka saat ini duduk di peringkat keenam klasemen sementara Liga Inggris.

Wolves bahkan hanya berjarak 10 poin dari Chelsea selaku urutan keempat. Masih memiliki sembilan pertandingan yang belum dimainkan, mereka tentunya enggan Liga Inggris berakhir dini demi asa tampil di Liga Champions musim depan.

5. Arsenal
Arsenal jadi tim terakhir yang bakal dicap pecundang apabila Liga Inggris dihentikan. Berada di urutan kesembilan klasemen sementara, The Gunners terancam tanpa panggung Eropa musim depan.

Karena itu, Arsenal, yang mengemas 40 poin dari 28 pertandingan, harus memastikan dapat memainkan semua 10 laga tersisa dan meraup 30 poin maksimal yang bisa mereka dapatkan.