Bola Internasional

Federasi Inggris Keluarkan Lisensi Kepelatihan Level 1 untuk Pemain Garuda Select

Jumat, 20 Maret 2020 16:26 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Istimewa
Penggawa Garuda Select jilid II asal Aceh, Subhan Fajri. Copyright: © Istimewa
Penggawa Garuda Select jilid II asal Aceh, Subhan Fajri.

INDOSPORT.COM - Tak hanya disibukkan dengan materi latihan dan uji coba di Inggris, skuat Garuda Select juga turut mengejar lisensi atau sertifikasi untuk dapat melatih tim suatu saat nanti. Lisensi ini dikeluarkan langsung oleh federasi sepak bola Inggris.

Sejak kembali ke Britania Raya pada awal Februari lalu, penggawa Garuda Select sudah menerima materi kepelatihan dari The FA untuk mendapatkan lisensi. Adapun materi yang diajarkan seputar dasar-dasar menjadi pelatih, disisipi dengan ujian tertentu.

Kini, setelah menuntaskan ujian, penggawa Garuda Select dinyatakan layak untuk mengantongi lisensi level 1 FA, dan sudah bisa melatih tim. Namun, mereka umumnya masih berusia 16 tahun, dan diarahkan untuk tetap berkarier sebagai pemain bola terlebih dahulu.

"Jadi kami diberi homework secara online yang harus diselesaikan supaya mendapatkan sertifikasi kepelatihan level 1 FA. Sekarang sudah selesai dan tinggal menunggu sertifikat turun," ucap salah satu penggawa Garuda Select, Subhan Fajri kepada Mola TV.

Menurut Subhan, dengan mengantongi lisensi level 1 FA, ia sudah mendapat bekal yang mumpuni dan tak ragu lagi akan masa depannya. Pesepakbola asal Aceh itu tetap bisa berkarier di dunia sepak bola jika tidak aktif lagi menjadi pemain.

"Ini menjadi salah satu cara untuk terus menggali pengalaman dan menurut saya perlu. Setidaknya, ada jalan jika ingin melanjutkan karier sebagai pelatih," tambah pemain sayap milik Barito Putera U-16 tersebut.

Meski saat ini aktivitas sepak bola di Inggris harus dihentikan karena pandemi virus Corona atau COVID-19, namun skuat Garuda Select masih menetap di Birmingham, dan melakoni sesi latihan secara mandiri hingga program usai pada bulan April mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%