Bola Internasional

Perbedaan Mencolok Ranking Dunia Persib Bandung dan Klub Max Christoffel

Minggu, 22 Maret 2020 18:12 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Membahas ranking dunia Persib Bandung dan klub Max Christoffel, terdapat perbedaan yang cukup mencolok.

Persib Bandung, seperti yang kita ketahui bersama tengah begitu melejit di awal Liga 1 2020. Tiga pekan pembuka kompetisi, Persib Bandung sukses mendulang tiga kemenangan beruntun.

Laga pertama, Persib Bandung menggilas Persela Lamongan 3-0. Berlanjut ke laga kedua dan ketiga, kontra Arema FC serta PSS Sleman, skuat Maung Bandung sama-sama mengakhiri laga dengan kemenangan tipis 2-1.

Berkat segala hasil ini, Persib Bandung pun memuncaki tabel klasemen sementara Liga 1 2019. Persib Bandung juga jadi satu-satunya tim di Liga 1 2020 yang meraup tiga kemenangan beruntun di tiga pekan awal.

Sementara itu, Max Christoffel merupakan pemain keturunan Indonesia yang tengah merumput bersama klub Eredivisie Belanda, Feyenoord. Baru berusia 16 tahun, Max Christoffel masih harus menimba ilmu dulu di tim junior Feyenoord U-17.

Status Max Christoffel sebagai keturunan Indonesia terlihat dari profil dirinya di situs Transfermarkt. Kewarganegaraan Max Christoffel dituliskan Transfermarkt dengan dua bendera, yakni Belanda dan Indonesia.

Tempaan Feyenoord yang notabene tim top Eropa, diyakini bisa memoles dengan baik bakat olah bola Max Christoffel. Bahkan bukan mustahil pula, suatu saat nanti Max Christoffel jadi tumpuan Timnas Indonesia di posisi bek kiri.

Bila membandingkan dua subjek tadi, Persib Bandung dan klub Max Christoffel, reputasinya jelas terkenal di level yang berbeda. Persib Bandung berlabel klub top Indonesia, dan klub Max Christoffel, Feyenoord menjadi tim elite Eropa yang kerap menghasilkan bintang-bintang hebat, seperti Robin van Persie dan Giovanni van Bronckhorst.

Perbedaan Persib Bandung dan klub Max Christoffel, juga terlihat dari ranking dunianya. Kali ini, perbedaan di antara keduanya tampak begitu mencolok.

Persib Bandung berdasarkan situs Football Database menempati ranking 911 dunia. Sedangkan klub Max Christoffel, Feyenoord, peringkat dunianya jauh di atas Persib Bandung, yakni urutan 58.

Meski demikian, kalau membandingkan status Persib dan Feyenoord di negara asalnya masing-masing, keduanya terlihat memiliki persamaan.

Masih dari situs Football Database, Persib menduduki ranking tiga dari seluruh tim-tim sepak bola Indonesia. Peringkat serupa didapat Feyenoord, yang turut menempati ranking tiga di negara asalnya, Belanda.