Bola Internasional

Stadion Pakansari: Dari Asian Games, Son Heung-min, Hingga Virus Corona

Minggu, 22 Maret 2020 21:09 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT. com - Stadion Pakansari Bogor pernah menjadi tempat diselenggarakannya beberapa acara penting, termasuk yang akan datang tes massal virus corona.

Publik dunia, termasuk Indonesia, sedang menghadapi satu musuh yang sama, yakni pandemi virus corona. Demi menyelamatkan orang-orang yang sudah terjangkit virus corona, pemerintah ataupun tim medis melakukan berbagai cara.

Kalau pemerintah provinsi Jawa Barat, memutuskan untuk menggelar tes corona massal. Penyelenggaraan tes corona massal itu rencananya bakal dilakukan Selasa (24/03/20) esok di tiga stadion sepak bola, Stadion Patriot Chandrabhaga Kota Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, dan Stadion Pakansari Bogor.

Khusus nama terakhir, Stadion Pakansari Bogor, untuk kesekian kalinya ditunjuk menjadi venue acara penting. Jauh sebelum rencana tes corona massal, Stadion Pakansari Bogor memang pernah mendapat tugas yang tak kalah krusialnya.

Beberapa acara penting, terutama event-event olahraga internasional, memang sempat berlangsung di Stadion Pakansari Bogor. Bahkan ada seorang tokoh besar sepak bola, Son Heung-min yang menggapai momen bersejarahnya di sini.

Lalu, apa saja acara penting yang pernah dihelat di Stadion Pakansari Bogor itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut.

Asian Games 2018

Masih terngiang betul dalam ingatan, betapa pentingnya peran Stadion Pakansari Bogor kala Indonesia bertindak sebagai tuan rumah Asian Games 2018 lalu. Terutama untuk cabang olahraga sepak bola, beberapa laga krusial dilangsungkan di sini.

Sepak bola putra Grup B yang diisi Uzbekistan, Bangladesh, Thailand, dan Qatar, kesemuanya bertarung di Stadion Pakansari. Fase gugur, mulai dari perempatfinal hingga perebutan juara tiga dan final, juga banyak menggunakan jasa Stadion Pakansari sebagai venue laga.


Momen Bersejarah Son Heung-min

Son Heung-min adalah salah satu pemain sepak bola top dunia yang pernah melalui momen bersejarahnya di Stadion Pakansari. Kisah itu terjadi sekitar dua tahun lalu, tepatnya kala Son Heung-min membawa Korea Selatan juara Asian Games 2018.

Kala itu, laga puncak mempertemukan Korea Selatan vs Jepang dan dihelat di Stadion Pakansari. Berlangsung sengit sampai perpanjangan waktu, Son Heung-min dan kawan-kawan sukses keluar sebagai juara usai mengalahkan Jepang 2-1.

Gelar juara Asian Games 2019 bermakna besar untuk Son Heung-min. Berkat raihan medali emas, Son Heung-min bisa terbebas dari program wajib militer negaranya.

Korea Selatan memang mewajibkan warga laki-laki bertubuh sehat dalam rentang usia 18 hingga 28 tahun, untuk ikut wajib militer selama kurang lebih dua tahun. Kewajiban ini bisa timbul pengecualian bagi seorang atlet yang mampu memberikan prestasi bergengsi internasional untuk Korea Selatan.

Beruntungnya, Son Heung-min bisa memberikan prestasi membanggakan kepada negaranya lewat Asian Games 2018. Jika tidak, Son Heung-min pasti harus mengikuti wajib militer dan mengganggu karier sepak bolanya bersama klub top Liga Inggris, Tottenham Hotspur.