Bola Internasional

Tak Sudi Lawan Malaysia, Myanmar Harus Berani seperti Timnas Indonesia

Minggu, 22 Maret 2020 15:19 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© PSSI
Kapten Andritany Ardhiyasa berfoto sebelum memulai pertandingan Timnas Myanmar vs Timnas Indonesia di laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19). Copyright: © PSSI
Kapten Andritany Ardhiyasa berfoto sebelum memulai pertandingan Timnas Myanmar vs Timnas Indonesia di laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

INDOSPORT.COM – Setelah menolak bermain melawan Malaysia di pertandingan uji coba bertajuk FIFA match day, Myanmar harus melakukan langkah berani seperti Timnas Indonesia.

Baru-baru ini Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF) telah menolak tawaran bermain melawan Timnas Malaysia pada jeda internasional mendatang.

Penolakan tersebut bukan semata-mata karena maraknya wabah virus corona, melainkan Myanmar tidak sudi bertanding melawan tim yang levelnya lebih rendah.

Karena saat ini level Timnas Malaysia di ranking FIFA masih terbilang buruk jika dibandingkan dengan Myanmar. Sekedar informasi, keduanya saat ini terpaut 18 peringkat.

Saat ini, rangking Myanmar memang berada jauh di atas Malaysia. Negara yang memiliki julukan Pagoda Emas itu berada di posisi ke-136 dunia.

Sementara itu, Timnas Malaysia bertengger di posisi ke-154 dunia. Meski lebih buruk, pasukan Tan Cheng Hoe kini sedang naik daun.

"Pelatih Myanmar, Antoine Hey, menginginkan pertandingan persahabatan baru dengan tim yang lebih kuat.”

“Jika kalah dari pesaing peringkat rendah seperti Malaysia, posisi kami di tabel akan terancam," kata Sekretaris Jenderal MFF, Ko Ko Thein, dilansir dari Zing.vn.

Apalagi saat ini Malaysia telah menampilkan permaina fantastis, di mana mereka berhasil menempati posisi kedua klasemen sementara di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Situasi tersebut membuat peluang Myanmar untuk mengalahkan Malaysia pun akan sedikit sulit. Jika kalah, maka Myanmar pun akan kehilangan lebih dari 5 ribu poin.

Myanmar Harus Berani Seperti Timnas Indonesia

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Senior Indonesia dikalahkan Persita Tangerang 1-4 pada laga uji coba di Stadion Madya Senayan, Jumat (21/02/20). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas Senior Indonesia dikalahkan Persita Tangerang 1-4 pada laga uji coba di Stadion Madya Senayan, Jumat (21/02/20).

Seperti yang sudah diketahui banyak pihak, Timnas Indonesia sudah secara terang-terangan ingin menantang Senegal di FIFA match day mendatang.

Keputusan itu diambil agar Timnas Indonesia bisa memperbaiki posisinya di ranking FIFA. Mengingat, peringkat Skuat Garuda saat ini masih sangat rendah (posisi ke-173).

Timnas Indonesia harus melakukan gebrakan untuk bisa mendongkrak posisinya di FIFA. Salah satu caranya adalah menantang Senegal dalam agenda FIFA match day.

FIFA nantinya akan memberikan lebih dari 5 ribu poin kepada Timnas Indonesia, jika mereka berhasil imbang atau bahkan menang dengan tim yang posisinya jauh di atas mereka.

Saat ini Senegal berada di peringkat ke-20 dalam ranking FIFA (per 20 Februari 2020). Artinya, Timnas Indonesia bisa mendapatkan poin berlimpah, bahkan jika hanya bermain imbang.

Rencana pertandingan uji coba FIFA match day antara Timnas Indonesia vs Senegal ini pun sempat mengejutkan media Malaysia, Vocketfc.

"Andai Senegal benar-benar menjadi lawan Indonesia, ini akan menjadi sebuah perlawanan yang menarik dan menjadi tumpuan peminat sepak bola di Asia," tulisnya.

Senegal sendiri tentunya bukan lawan yang mudah untuk ditaklukkan, mengingat mereka punya beberapa pemain bintang kelas dunia seperti Kalidou Koulibaly hingga Sadio Mane.

Lalu apakah Myanmar berani mengikuti langkah Timnas Indonesia yang menantang negara berkualitas tinggi di FIFA match day mendatang? Patut dinantikan.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%