Bola Internasional

Kasus Ronaldinho Tambah Rumit, Bisa Mendekam di Penjara 10 Tahun

Selasa, 24 Maret 2020 17:29 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Kasus semakin rumit, Ronaldinho terancam mendekam di penjara Paraguay selama 10 tahun. Copyright: © Getty Images
Kasus semakin rumit, Ronaldinho terancam mendekam di penjara Paraguay selama 10 tahun.

INDOSPORT.COM - Eks bintang sepak bola Timnas Brasil, Ronaldinho, mendapatkan nasib pahit setelah merayakan ulang tahun ke-40 di penjara Paraguay.

Setelah terjerat kasus menggunakan paspor palsu, kini Ronaldinho terindikasi melakukan kejahatan pencucian uang.

Dilansir dari Sport Buzz, seorang pengacara spesialis hukum pidana internasional, Dr Acacio Miranda, menjelaskan kalau kasus Ronaldinho sudah semakin rumit.

Bahkan, mantan bintang Barcelona dan AC Milan itu bisa terancam mendekam di penjara selama 10 tahun.

"Masalahnya sendiri cukup rumit, karena pada awalnya, kejahatan pemalsuan membebani mereka (Ronaldinho dan saudara laki-lakinya). 

"Tapi seperti yang diketahui otoritas Paraguay, sudah ada tanda-tanda laten kejahatan pencucian uang. Hukumannya berkisar antara tiga hingga sepuluh tahun, untuk mencuci. Untuk pemalsuan itu sedikit kurang, dari satu hingga lima tahun," katanya.

Sebelumnya, Ronaldinho dan saudaranya, Roberto de Assis, telah menjadi tersangka karena menggunakan paspor palsu. Bila indikasi kasus berikutnya yakni pencucian uang tidak terbukti, Ronaldinho hanya akan mendekam selama enam bulan.

Di dalam penjara, kehidupan Ronaldinho terbilang cukup istimewa. Banyak napi dan pegawai lapas bahagia dengan kehadiran sosok mantan pemain terbaik dunia tersebut.

Bahkan dengan kehadiran Ronaldinho, penjara tersebut langsung mengadakan sebuah turnamen futsal. Tim Ronaldinho pun berhasil keluar sebagai juara setelah menang 11-2 di partai final.