Liga Indonesia

Bintang Persija dan Para Pemain Naturalisasi yang Bikin Geger Liga 1 2020

Rabu, 25 Maret 2020 15:50 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Bintang Persija dan Pemain Naturalisasi yang Gemilang di Liga 1 2020 Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Bintang Persija dan Pemain Naturalisasi yang Gemilang di Liga 1 2020

INDOSPORT.COM - Termasuk bintang Persija Jakarta, berikut para pemain naturalisasi yang berhasil tampil gemilang pada pekan-pekan awal Liga 1 Indonesia 2020.

Kompetisi kasta teratas Liga 1 Indonesia musim 2020 sendiri harus tertunda meski baru berjalan tiga pekan, pasalnya PSSI berharap dengan tertundanya liga dapat meminimalisir wabah virus Corona yang tengah merebak di Tanah Air.

Sebelumnya, PSSI memang sudah memutuskan untuk menunda jalannya kompetisi Liga 1 hingga dua pekan kedepan, terhitung sejak 16 Maret 2020 lalu.

Namun wabah virus corona yang semakin serius, membuat otoritas tertinggi sepak bola tanah air memutuskan untuk menambah masa pemberhentian kompetisi.

Keputusan itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, melalui surat resmi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 18 Maret kemarin.

"Kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan. Pencabutan atas penghentian Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI," bunyi surat tersebut.

Meski baru berlangsung tiga pekan, namun sejumlah catatan dan fakta menarik berhasil tersaji yang tentunya bakal membuat para pecinta sepakbola Indonesia semakin tidak sabar untuk kembali menyaksikan Liga 1 2020.

Salah satu catatan menarik tersebut adalah rekor impresif para pemain naturalisasi dari beberapa klub, lantas siapa sajakah pemain-pemain tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta menulisnya.

Beto Goncalves

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi gol striker klub Liga 1, Madura United, Beto Goncalves ke gawang Persija di Piala Gubernur Jatim 2020 Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSelebrasi gol striker klub Liga 1, Madura United, Beto Goncalves ke gawang Persija di Piala Gubernur Jatim 2020

Nama pertama adalah penyerang dari klub Madura United, Beto Goncalves yang terlihat belum habis masa emasnya meski telah memasuki usia senja.

Pemain kelahiran Brasil berusia 39 tahun tersebut, berhasil mencetak tiga gol dalam tiga laga sekaligus membuat namanya bertengger ketat dengan Wander Luiz sebagai top skor sementara Liga 1.

Beto Goncalves juga menjadi top skor pemain naturalisasi musim ini dengan 3 gol, unggul dua gol dari beberapa penyerang naturalisasi seperti Silvio Escobar dan Stefano Lilipaly.

Otavio Dutra

© persija.id
Bek naturalisasi Otavio Dutra resmi gabung Persija Jakarta. Copyright: persija.idBek naturalisasi Otavio Dutra milik Persija Jakarta.

Berikutnya ada pemain bertahan Persija Jakarta,Otavio Dutra yang juga berhasil menampilkan performa impresif pada musim perdananya bersama Macan Kemayoran di Liga 1 2020.

Baru pertama kali menjalani debut di pekan kedua, pemain kelahiran Brasil tersebut langsung berhasil mencetak satu gol dan menyelamatkan Persija dari kekalahan saat bertandang ke markas Bhayangkara FC.

Raphael Maitimo

© Petrus Manus Da Yerrimon/INDOSPORT
Gelandang anyar Persita Tangerang, Raphael Maitimo. Copyright: Petrus Manus Da Yerrimon/INDOSPORTGelandang anyar Persita Tangerang, Raphael Maitimo.

Terakhir ada Raphael Maitimo, pemain berdarah Belanda tersebut juga mampu mencetak gol pada pertandingan debut bersama Persita Tangerang di Liga 1 musim 2020.

Meski gagal memberikan kemenangan buat Persita, namun gol yang diciptakan menjadi satu-satunya gol dalam laga kontra Tira Persikabo di pekan ketiga kemarin.

Dengan liga yang masih panjang, menarik dinanti kiprah para pemain naturalisasi tersebut. Mampukah mereka mempertahankan performa hingga akhir musim? Atau malah menurun dan gagal membawa timnya meraih hasil positif.