Liga Inggris

Mulia, Pep Guardiola 'Bantu' Barcelona Perangi Virus Corona

Rabu, 25 Maret 2020 09:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola, pelatih klub Liga Inggris, Manchester City. Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola, pelatih klub Liga Inggris, Manchester City.

INDOSPORT.COM – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mendonasikan uang miliaran rupiah untuk membantu memerangi Virus Corona di kota Barcelona, Spanyol.

Sebagaimana diketahui, angka kematian akibat wabah virus yang dikenal dengan Covid-19 ini telah meningkat tajam menjadi 514 dalam satu hari di Spanyol.

Dilansir dari Daily Mail, Guardiola yang berasal dari Catalunya telah mendonasikan uangnya sebesar 1 juta euro atau setara Rp17,9 miliar untuk membantu Barcelona mengurangi angka kematian tersebut.

Dana tersebut disalurkan melalui Angel Soler Daniel Foundation yang nantinya akan dipergunakan untuk pengadaan peralatan medis yang saat ini sangat diperlukan di kota tersebut.

Yayasan tempat Guardiola berdonasi itu sendiri sebelumnya sudah mengumpulkan lebih dari 33 ribu euro atau Rp574 juta. 

Dengan tambahan dana dari mantan pelatih Barcelona, kini yayasan tersebut tidak akan kesusahan di dalam menyalurkan bantuan ke setiap pusat kesehatan yang ditunjuk memerangi virus Covid-19.

Spanyol sendiri telah menetapkan masa lockdown secara nasional sejak hari Sabtu kemarin. Kebijakan ini diambil menyusul korban jiwa akibat virus menular itu semakin bertambah.

Dengan lonjakan kematian 514 setiap harinya, Spanyol sudah mencatat 2.696 orang meninggal dunia dan hampir 40 ribu orang terinfeksi, per Selasa (24/03/20).

Lonjakan korban wabah virus tidak diimbangi dengan pasokan peralatan medis yang melimpah. Akibatnya, banyak orang terinfeksi di negara tersebut tidak tertangani dengan semestinya.