Bola Internasional

Euro 2020 Diundur, Kompetisi Internasional Sepak Bola Wanita Jadi 'Korban'

Kamis, 26 Maret 2020 18:11 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Isman Fadil
© Daniela Porcelli/Getty Images
Kompetisi Womens Euro Football Harus Ditunda Hingga 2022 Copyright: © Daniela Porcelli/Getty Images
Kompetisi Womens Euro Football Harus Ditunda Hingga 2022

INDOSPORT.COM - Kompetisi Womens Euro Football hampir dipastikan akan ditunda hingga 2022 disebabkan berbenturan dengan Kompetisi pria yang sedang dijadwalkan ulang.

Menurut UEFA kompetisi sepak bola wanita ini akan dijadwalkan ulang di tahun 2022 dikarenakan banyaknya peristiwa yang ada di tahun 2020 yang menyebabkan hampir semua turnamen harus ditundah dan dibatalkan.

Awalnya pembukaan Womens Euro Football akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2021 dan berakhir pada 1 Agustus 2021 mendatang.

Namun hal ini berbenturan dengan jadwal yang disusun ulang mengenai kompetisi EURO kategori pria yang harusnya berjalan pada tahun ini menjadi tahun 2021 mendatang.

Jika melihat hal itu, UEFA melihat peluang jika kompetisi wanita itu dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. Sebab, tidak ada kompetisi lain yang di adakan di pertengahan tahun itu.

“Sepertinya 2021 bukan pilihan jika Anda ingin kompetisi (Euro Woman) memiliki kesiapan yang pas. Ini masih merupakan pilihan, tetapi bagi saya itu jauh lebih memungkinkan jika dilaksanakan pada tahun 2022 di musim panas. Karena tidak banyak kompetisi sepak bola selain itu,” ungkap UEFA dilansir dari situs resminya.

UEFA juga akan mempertimbangkan jika kompetisi wanita ini diadakan setelah kompetisi pria yang akan memakan banyak biaya dan juga menguras banyak tenaga.

“Pilihan lain adalah untuk melakukan itu secara berurutan setelah Euro Putra yang mungkin tidak ideal karena akan sangat sulit untuk mempromosikan kompetisi sementara Euro putra sedang berlangsung,” tambahnya.

Menindaklanjuti permasalahan ini, Komite Eksekutif UEFA akan melakukan pertemuan dengan seluruh anggotanya dan juga Asosiasi sepak bola Inggris karena menjadi tuan rumah penyelenggaraan Euro Woman.