Bola Internasional

Hampir 3 Tahun Koma, Wonderkid Ajax Abdelhak Nouri Tersadar di Tengah Pandemi Corona

Jumat, 27 Maret 2020 10:12 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Pemain muslim Ajax Amsterdam, Abdelhak Nouri sempat mengalami koma nyaris tiga tahun. Pada akhirnya dia sadar dan mulai bisa menonton sepak bola lagi. Copyright: © INDOSPORT
Pemain muslim Ajax Amsterdam, Abdelhak Nouri sempat mengalami koma nyaris tiga tahun. Pada akhirnya dia sadar dan mulai bisa menonton sepak bola lagi.

INDOSPORT.COM - Tiga tahun mungkin merupakan waktu yang tergolong lama apalagi dalam keadaan koma seperti yang telah menimpa wonderkid muslim Ajax Amsterdam, Abdelhak Nouri. Pada akhirnya, tahun ini dirinya dinyatakan siuman walaupun dunia tengah mengalami pandemi virus corona.

Pemain berkebangsaan Belanda ini sejatinya sempat mengalami serangan cardiac arrhythmia ketika Ajax Amsterdam menjalani laga pra musim melawan Werder Bremen pada Juli 2017 silam.

Ketika menjalani laga di Austria tersebut, secara mendadak Nouri mengalami kolaps dan diketahui mengalami masalah jantung. Setelah sempat dilarikan ke rumah sakit menggunakan helikopter, mantan wonderkid Ajax itu dikabarkan stabil lima hari sesudahnya.

Akan tetapi penderitaan Nouri malah bertambah karena divonis dokter mengalami kerusakan permanen dan parah pada otaknya akibat trauma itu. Alhasil mantan rekan Frenkie de Jong itu dinyatakan tidak akan bisa bermain sepak bola lagi.

Selang 2 tahun delapan bulan dan tepatnya hari ini, Nouri akhirnya mulai pulih dengan kesehatan yang berangsur membaik. Abderrahim selaku kakak pemain berjulukan Appie tersebut menyebut jika eks pemain andalan Ajax ini sudah mulai bisa melakukan aktifitas dan bahkan menonton sepak bola lagi.

"Saya harus katakan sejak dia berada di rumah segalanya membaik dibandingkan ketika berada di rumah sakit. Dia mengenal tempatnya berada, dan senang kembali bersama keluarga tercintanya," tutur Abderrahim dilansir Metro.

"Dia sudah bisa berkomunikasi seperti biasa, dan kami mengajaknya bicara seolah dia tidak sakit. Dia bisa menunjukkan emosinya, dan terkadang juga muncul emosi, itulah yang membuat kami bersyukur," tutupnya.

Selama hampir setahun masa koma, keluarga Nouri tak berhenti memanjatkan doa kesembuhan bagi sang pemain muda ini. Tak hanya itu legenda sepak bola Belanda seperti Ruud van Nistelrooy dan Daley Blind juga berharap kesembuhan bagi eks pemain Ajax itu.

Sebelum mengalami koma, Nouri sendiri dikenal sebagai salah satu talenta berbakat muda Ajax dan sangat dihormati. Seragamnya yang bernomor punggung 34 pun sempat diwariskan ke rekan setim di klub dan Timnas Belanda seperti Justin Kluivert, Philippe Sandler, Amin Younes, dan Kevin Diks.

IDS Emoticon Suka
Suka
29%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
21%