Bola Internasional

Menelusuri Darah Jawa Milik Jim Croque, Penyerang Muda Eropa yang Diboyong Vitesse

Jumat, 27 Maret 2020 17:20 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Jim Croque, penyerang muda Eropa yang diboyong klub Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem, mengaku memiliki darah Jawa dalam tubuhnya. Dari manakah Jim Croque mendapatkan darah Jawa itu?

Bernama lengkap Jim Roberto Croque, bomber belia berusia 15 tahun lahir di Belanda 5 Juli 2004 silam. Jim Croque datang dari keluarga dengan latar belakang campuran Belanda dan Indonesia.

Lihat saja data dari situs Transfermarkt, Jim Croque status kewarganegaraannya dituliskan dengan dua bendera, Belanda serta Indonesia.

Akun Instagram pribadi Jim Croque juga menjelaskan tentang asal usul darah Indonesia yang dimilikinya. Melalui @j.croque9, Jim Croque dengan bangga menuliskan di bio akunnya dengan tulisan "Jawa Asli".

Ditanya mengenai darah Jawa yang dimilikinya, Jim Croque mengaku mendapatkannya dari ayahnya langsung. Hal itu lantaran orang tua ayahnya merupakan orang Jawa asli, dan tentu menurun pula ke Jim Croque.

"Kakek nenek saya berasal dari Jawa, jadi ayah saya 100 persen memiliki darah Indonesia," ucap Jim Croque kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Lebih jauh, Jim Croque menjelaskan, meski ayahnya 100 persen Indonesia asli, tapi beliau lahir di Belanda. Hingga sang ayah tumbuh dewasa dan menikahi wanita Belanda yang kini menjadi ibunda Jim Croque.

"Kakek nenek saya lahir di Indonesia, tapi ayah saya lahir di Belanda. Sementara Ibu saya Belanda asli, jadi saya campuran 50 persen Belanda, 50 persen Indonesia," ungkap Jim Croque.

Mendapat darah keturunan Jawa, Jim Croque tentu berpeluang membela Timnas Indonesia suatu saat nanti. Jim Croque sendiri mengaku siap apabila dirinya dibutuhkan Skuat Garuda.

"Jika dipanggil (Timnas Indonesia), saya pikir saya akan menerimanya," kata Jim Croque.

"Tapi saya butuh paspor Indonesia untuk mendapatkan kesempatan itu, sekarang saya belum mempunyai paspornya," jelas Jim Croque.

Jim Croque sendiri merupakan pemain sepak bola yang terbiasa menempati posisi sebagai penyerang. Ia saat ini tengah membela klub amatir, BFC Youth.

Musim depan, Jim Croque bakal mendapat tantangan baru bagi karier sepak bolanya. Jim Croque bakal bergabung dengan klub profesional sekaligus raksasa Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem.