Liga Indonesia

Salah Satu Pemain Persib Bandung Positif Terjangkit Virus Corona

Jumat, 27 Maret 2020 19:57 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persib Bandung Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Salah satu pemain tim sepak bola Persib Bandung didiagnosa positif virus corona atau covid-19. Saat ini pemain tersebut sedang menjalani isolasi mandiri dipantau dokter tim Persib, Rafi Ghani. 

Dalam official statement di laman Persib, pemain yang positif corona tersebut tidak mengalami gejala dan selama proses isolasi mandiri akan disediakan makanan serta disuplai kebutuhan sehari-harinya dengan proses pengantaran tanpa kontak. 

Menurut Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Glenn T Sugita, pemain dan offical Persib lainnya akan melakukan karantina di rumah seusai dengan protokol kesehatan. Selain itu, jadwal latihan reguler Persib akan ditangguhkan sampai isolasi mandiri selesai dilakukan. 

Sebelumnya, untuk mencegah penyebaran virus corona, Mes Persib Bandung di Jalan Ahmad Yani dan Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (24/03/2020) disemprot disinfektan oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI), Kota Bandung. 

“Saat kami diberi tahu bahwa salah satu pemain kami didiagnosa COVID-19, kami langsung meminta pemain tersebut melakukan isolasi mandiri."

"Tidak hanya itu, kami juga telah menginformasikan hal ini kepada pihak yang berwenang supaya bisa menekan risiko penyebaran COVID-19 dengan cara membantu mereka melakukan penelusuran kontak (contact tracing),” kata Glenn dikutip laman Persib, Jumat (27/03/2020). 

“Kesehatan dan keselamatan semua pemain, official dan fans Persib adalah yang utama bagi kami. Oleh karenanya, kami juga meminta bobotoh-fans setia kami terus mengikuti anjuran pemerintah untuk bekerja dari rumah, dan belajar dari rumah, guna menekan risiko penyebaran COVID-19,” ungkapnya menambahkan.

Sementara, itu dokter tim Persib, Raffi Ghani menuturkan akan terus memantau kondisi kesehatan yang bersangkutan dan pemain lainnya serta official tim. Selain itu, ia juga tak henti-hentinya memberikan imbauan kepada semuanya agar melakukan pola hidup sehat dan mengikuti arahan pemerintah. 

“Sesuai dengan izin pasien, dapat saya sampaikan bahwa yang bersangkutan sedang dalam keadaan normal dan tidak menunjukkan gejala apapun."

"Setelah diketahui positif, kami selaku tim dokter langsung meminta dia untuk melakukan isolasi mandiri dan akan kami terus pantau kondisi kesehatannya. Kami juga memantau kondisi kesehatan pemain dan official Persib lainnya serta memberikan arahan untuk terus menjaga kesehatan,” ucap Rafi. 

Sebelumnya, beberapa pemain Persib menjalankan tes virus corona atau covid-19 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (26/03/2020), tes  tersebut dilakukan oleh petugas dari Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.