Liga Indonesia

Satu Tim dengan Calon Naturalisasi, Steenvoorden Pasti ke Timnas Indonesia?

Jumat, 27 Maret 2020 18:14 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© VI Images via Getty Images
Setim dengan calon pemain naturalisasi, Matthew Steenvoorden bisa mudah dinaturalisasi dan gabung Timnas Indonesia? Copyright: © VI Images via Getty Images
Setim dengan calon pemain naturalisasi, Matthew Steenvoorden bisa mudah dinaturalisasi dan gabung Timnas Indonesia?

INDOSPORT.COMMatthew Steevoorden saat ini bermain bersama calon pemain naturalisasi Indonesia, Joey Suk di klub Kroasia HNK Gorica. Apakah situasi ini pasti membuat Steevoorden gabung Timnas Indonesia?

Sekedar mengingatkan kembali, Joey Suk merupakan pesepakbola asal Belanda keturunan Indonesia yang sudah terang-terangan ingin menjadi WNI sejak beberapa tahun lalu.

Pada 2019 kemarin, Joey Suk sendiri mengungkapkan proses naturalisasi yang ia jalani di Indonesia. Ia menceritakan proses menjadi WNI di media olahraga Kroasia, cityportal.hr.

"Saya belum menjadi WNI, warga negara Indonesia, tapi saya harap tidak lama lagi. Proses naturalisasi sedang berjalan, saya harap segera selesai," ujar Joey Suk.

Joey Suk sendiri sudah ingin menjadi WNI sejak tahun 2011 lalu dan disebut akan bergabung dengan Timnas sepak bola Indonesia U-23 di SEA Games 2011, namun urung terlaksana. 

Pada musim ini, Joey Suk pun bertemu dan bermain dengan bek berdarah Indonesia di klub Kroasia HNK Gorica. Keduanya sudah menjadi rekan setim selama semusim 2019/20 ini.

Steenvoorden sendiri saat ini diketahui telah memberikan kode keras untuk bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Ia beberapa waktu lalu mengaku sangat ingin menjalani proses naturalisasi.

"Harapanku di tahun baru, semoga HNK Gorica bisa lolos ke Liga Europa musim depan dan tentunya bisa bermain untuk Timnas Indonesia,” ujar bek berusia 27 tahun itu.

© Instagram/@joeysuk
Joey Suk. Copyright: Instagram/@joeysukJoey Suk saat berlatih dengan jersey Timnas Indonesia.

Bahkan ia berharap menemukan orang yang bisa menghubungkannya dengan pihak yang mengerti jalur untuk melakukan proses naturalisasi di Indonesia.

"Tidak ada kemajuan (proses naturalisasinya) saat ini. Mungkin jika kalian tahu seseorang atau sesuatu yang dapat melancarkan hal tersebut, aku bisa menghubungi manajerku.”

“Akan sangat bagis jika kalian menghubungkanku dengan pihak yang paham dengan proses (naturalisasi) itu," ucapnya penuh harap.

Terbaru, ia kembali memberikan sinyal kuat untuk Timnas Indonesia setelah mengunggah himbauan agar masyarakat terhindar dari wabah virus corona di akun Instagram pribadinya.

Menariknya, pesan tersebut ia sampaikan dengan Bahasa Indonesia. "Stay home and stay safe. Di rumah aja dan jaga diri," tulisnya demi mengantisipasi penyebaran virus corona.

Hasratnya untuk bergabung ke Timnas Indonesia pun sedikit lebih cerah setelah sang pemain bergabung ke HNK Gorica dan setim dengan Joey Suk.

Artinya, ia tidak perlu lagi kesulitan mencari orang yang bisa memperkenalkan dirinya dengan PSSI. Karena ia sudah menemukan sosok yang bisa menghubungkannya dengan pihak Indonesia.

Sosok itu adalah Joey Suk. Sesuai dengan pemaparannya di media Kroasia, gelandang yang sempat diisukan ke Persija Jakarta tersebut sudah menjalani proses naturalisasi di Indonesia.

Jika Joey Suk bersedia membantu rekannya menjalani keinginannya untuk menjadi WNI, maka hal itu menjadi sebuah keuntungan bagi Steenvoorden.

Mari kita tunggu, apakah kedekatannya dengan Joey Suk bisa membantu proses naturalisasi Steenvoorden? Patut dinantikan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%