Liga Indonesia

Persebaya dan Klub Liga 1 Lain yang Cocok Tampung Wonderkid Belanda-Jawa Jim Qorque

Sabtu, 28 Maret 2020 16:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© INstagram.com/j.croque9
Persebaya dan Klub Liga 1 Lain yang Cocok Untuk Menampung Jim Qorque Copyright: © INstagram.com/j.croque9
Persebaya dan Klub Liga 1 Lain yang Cocok Untuk Menampung Jim Qorque

INDOSPORT.COM - Termasuk Persebaya, berikut klub Liga 1 Indonesia lain yang cocok untuk menampung wonderkid belanda berdarah Jawa, Jim Qorque.

Penyerang muda Jim Croque, belakangan menjadi perbincangan lantaran pemain tim akademi Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem, tersebut mengaku berdarah Indonesia.

Penyerang berusia 16 tahun itu menyebut jika ia memiliki garis keturunan Indonesia yang berasal dari sang kakek yang merupakan orang Jawa asli.

"Kakek nenek saya berasal dari Jawa, jadi ayah saya 100 persen memiliki darah Indonesia," ucap Jim Croque kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT. 

Dengan usia yang masih sangat muda dan telah bermain di kompetisi Eropa, membuat nama Jim Croque digadang-gadang mampu menjadi tumpuan baru timnas Indonesia andai ia memilih sebagai WNI.

Meski begitu, dirinya harus lebih dulu membuktikan kapasitasnya sebagai penyerang kelas kakap dan layak mendapat panggilan timnas. Kompetisi Liga 1 mungkin bisa menjadi ajang Jim Corque untuk unjuk kebolehan.

Untuk bermain di Liga 1, mantan pemain BFC Bussum Youth ini harus cermat dalam memilih tim lantaran tidak banyak klub Indonesia yang piawai dalam membina pemain muda.

Berikut beberapa klub Liga 1 yang punya prestasi serta catatan bagus terhadap pembinaan pemain muda, dan mungkin bisa menjadi destinasi Jim Croque di Indonesia. Lantas tim mana sajakah itu, berikut INDOSPORT coba merangkum.

Barito Putera

Tim pertama adalah Barito Putera, klub asal Kalimantan tersebut memang cukup gemar mendatangkan pemain belia dalam skuad junior atau akademi mereka.

Teranyar mereka berhasil memboyong dua saudara jebolan timnas Indonesia U-16, Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa. Tidak cuma mendatangkan, Barito Putera pun berani memberi debut para pemain muda tersebut di kompetisi senior Liga 1.

Bagas Kaffa jadi pemain termuda yang kerap ditampilkan Barito Putera, total bek sayap berusia 18 tahun itu telah dua kali tampil di Liga 1 2020 ini.

Persib Bandung

Berikutnya ada tim Persib, yang memang dikenal memiliki akademi ataupun tim junior berkualitas di Indonesia. Buktinya Persib berhasil dua kali meraih gelar juara Liga 1 U19 pada 2009/10 serta 2018.

Selain gelar juara, Maung Bandung dalam beberapa musim terakhir juga berani memainkan pemain muda dari akademi mereka. Teranyar, Persib berhasil mengorbitkan Febri Haryadi yang kini menjadi andalan timnas Indonesia. 

Persebaya Surabaya

Terakhir ada Persebaya, bahkan mungkin menjadi tim dengan pengelolaan pemain muda terbaik di Indonesia jika dilihat dari raihan prestasi mereka dalam dua tahun terakhir.

Pada 2019 lalu, Persebaya berhasil meraih dua gelar junior yakni Liga 1 U-20 serta Piala Soeratin. Catatan yang menjelaskan betapa dominannya para pemain muda dan pembinaanya di skuat Bajul Ijo

Selain itu, Persebaya juga paling sering mengorbitkan pemain muda setiap musim, teranyar ada sosok Supriyadi (17 tahun) yang mulai mendapat jam terbang rutin di Liga 1.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%