In-depth

Jim Croque dan Para Striker Haus Gol Berdarah Jawa di Timnas Indonesia

Sabtu, 28 Maret 2020 11:35 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Garfis: Yanto/INDOSPORT
Jim Croque dan Para Striker Haus Gol Berdarah Jawa di Timnas Indonesia Copyright: © Garfis: Yanto/INDOSPORT
Jim Croque dan Para Striker Haus Gol Berdarah Jawa di Timnas Indonesia

INDOSPORT.COMJim Croque dan berikuit para striker haus gol berdarah Jawa di Timnas Indonesia yang mungkin bisa menjadi panutan sang wonderkid Liga Belanda itu.

Nama penyerang muda Jim Croque, belakangan menjadi perbincangan lantaran pemain tim akademi Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem ini mengaku memiliki darah Jawa dalam tubuhnya.

Bahkan Jim Croque telah mengaku jika ia memang memiliki garis keturunan Indonesia yang berasal dari orang tua ayahnya yang merupakan orang Jawa asli.

"Kakek nenek saya berasal dari Jawa, jadi ayah saya 100 persen memiliki darah Indonesia," ucap Jim Croque kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Dengan usia yang masih sangat muda dan telah bermain di kompetisi Eropa, membuat nama Jim Croque digadang-gadang mampu menjadi tumpuan baru Timnas Indonesia andai ia memilih sebagai WNI.

Dalam beberapa tahun terakhir, sosok penyerang Timnas Indonesia memang lebih banyak dihuni pemain dari wilayah Timnur mulai dari Boaz Solossa hingga yang teranyar ada sosok Osvaldo Haay.

Namun jauh sebelumnya, ada beberapa striker tajam haus gol yang berdarah Jawa dan mungkin bisa menjadi panutan Jim Corque jika ia resmi berseragam Merah-Putih.

Lantas siapa sajakah para penyerang tersebut, berikut INDOSPORT coba merangkum deretan penyerang bintang berdarah Jawa sepanjang sejarh Timnas Indonesia yang bisa dicontoh Jim Corque

Kurniawan Dwi Yulianto

© foxsports.com
Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto Copyright: foxsports.comLegenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto

Nama pertama adalah Kurniawan Dwi Yulianto, mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut merupakan salah satu striker yang cukup ditakuti lawan-lawan di level ASEAN.

Total pemain kelahiran Magelang, Jawa Tengah tersebut telah mencetak 33 gol dari 59 penampilan bersama Timnas Indonesia, sekaligus menjadi top skor ketiga sepanjang masa skuat Garuda.

Beberapa gol krusialnya terjadi ke gawang Selandia Baru dan Tanzania dilaga persahabatan pada tahun 1997, brace yang dibuatnya berhasil menghantarkan Timnas Indonesia menang 3-1 kontra Tanzani dan 5-0 dari Selandia Baru.

Bambang Pamungkas

© Bradley Kanaris/Getty Images
Bambang Pamungkas saat membela Timnas Indonesia Copyright: Bradley Kanaris/Getty ImagesBambang Pamungkas saat membela Timnas Indonesia

Berikutnya ada legenda Persija, Bambang Pamungkas yang juga masuk dalam jajaran penyerang tajam berdarah Jawa dalam sejarah Timnas Indonesia.

Pemain kelahiran Semarang, Jawa Tengah tersebut berhasil mencetak 38 gol dari 86 penampilan sepanjang karier di Timnas Indonesia. Dirinya pun kerap kali mendapat gelar top skor di beberapa event ASEAN, Piala AFF tahun 2002.

Gol pentingnya terjadi saat berhadapan dengan Thailand di penyisihan grup Piala AFF 2010, di mana brace yang dicetak Bambang Pamungkas membuat skuat Garuda lolos ke babak perempatfinal.

Soetjipto Soentoro

© Fandom.id/facebook/thaifootballcyclopedia
Salah satu legenda Timnas Indonesia, Soetjipto Soentoro. Copyright: Fandom.id/facebook/thaifootballcyclopediaSalah satu legenda Timnas Indonesia, Soetjipto Soentoro.

Terakhir adalah Soetjipto Soentoro, pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia ini memang wajib menjadi panutan tiap pemain muda yang berposisi sebagai penyerang.

Sepanjang karir, pemain kelahiran Bandung, Jawa Barat tersebut telah mencetak 57 gol dari 68 pertandingan bersama Timnas Indonesia pada periode 1965 hingga 1970.

Beberepa penampilan impresif Soetjipto Soentoro selama membela Timnas Indonesia antara lain, mampu mencetak lima gol dalam satu pertandingan kontra China di ajang Merdeka Tournament 1968 serta delapan gol dalam satu laga saat menghadapai Singapura tahun 1969.

IDS Emoticon Suka
Suka
21%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
7%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
36%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
7%
IDS Emoticon Takut
Takut
7%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
7%
IDS Emoticon Marah
Marah
14%