Bola Internasional

Termasuk Matthew Steenvoorden, Ini Trio Bek Calon Naturalisasi yang Bisa Bela Timnas Indonesia

Jumat, 27 Maret 2020 19:20 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© bnmedia.jentcdn.net
Trio bek calon naturalisasi, termasuk Matthew Steenvoorden, sepertinya bisa bela Timnas Indonesia suatu saat nanti. Copyright: © bnmedia.jentcdn.net
Trio bek calon naturalisasi, termasuk Matthew Steenvoorden, sepertinya bisa bela Timnas Indonesia suatu saat nanti.

INDOSPORT. COM - Trio bek calon naturalisasi, termasuk Matthew Steenvoorden, sepertinya bisa bela Timnas Indonesia suatu saat nanti.

Pemandangan yang wajar bila banyak pemain keturunan Indonesia berkarier di Eropa sana. Pernikahan dengan orang luar negeri, serta faktor historis Indonesia pernah dijajah bangsa Benua Biru, jadi beberapa contoh penyebabnya.

Fenomena ini pun sejatinya bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk membangun kekuatan baru. Pemain-pemain keturunan yang berkarier di Eropa, bisa dibujuk agar mau naturalisasi dan membela Skuat Garuda.

Setidaknya pada sektor lini belakang, Timnas Indonesia punya opsi menarik. Ada tiga bek tengah yang mungkin setuju bila diajak naturalisasi dan berseragam Timnas Indonesia di ajang internasional.

Lalu, siapa saja trio bek tengah calon naturalisasi yang dimaksudkan itu? INDOSPORT bakal coba mengupasnya lebih mendalam lewat ulasan berikut ini.

Darren Sidoel

© Jatsing Mom
Pemain bertahan keturunan Indonesia, Darren Sidoel Copyright: Jatsing MomPemain bertahan keturunan Indonesia, Darren Sidoel

Darren Sidoel merupakan bek tengah kelahiran Belanda yang sedang menjalani karier bersama klub Liga Bulgaria, Arda Kardzhali. Jauh sebelum ke Bulgaria, Sidoel pernah menimbah ilmu di akademi raksasa Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam.

Lewat media sosial, Sidoel beberapa kali melancarkan bukti kecintaannya terhadap Timnas Indonesia. Sidoel memang memiliki darah turunan Suriname, yang memiliki sejarah erat dengan Tanah Air.

Sidoel sendiri bahkan pernah mengaku ingin sekali membela Timnas Indonesia. Namun Sidoel lebih dulu mengutamakan karier level klubnya, baru kemudian memikirkan Skuat Garuda.

“Benar bahwa saya tertarik untuk memperkuat Timnas Indonesia. Namun, penting untuk saya menunggu waktu yang tepat. Tujuan saya saat ini adalah fokus mengejar karier klub,” ucap Sidoel kepada redaksi INDOSPORT.

Andai keinginan Sidoel terwujud, dirinya kemungkinan besar akan menjadi tumpuan baru Timnas Indonesia di lini belakang. Keahliannya bermain sebagai bek tengah, plus pengalaman menimba ilmu di Ajax Amsterdam, jadi modal yang cukup apik untuk Timnas Indonesia.

Keziah Veendorp

© Erwin Otten/Soccrates/Getty Images
Pemain FC Emmen Keziah Veendorp yang memiliki darah keturunan Indonesia Copyright: Erwin Otten/Soccrates/Getty ImagesPemain FC Emmen Keziah Veendorp yang memiliki darah keturunan Indonesia

Nama Keziah Veendorp merupakan pemain keturunan Indonesia yang kini tengah menjalani karier di Belanda. Ia bergabung bersama klub kasta tertinggi Eredivisie Belanda, FC Emmen.

Berstatus pemain keturunan, Keziah ternyata memiliki hasrat untuk membela Timnas Indonesia. Niat Keziah itu disampaikan langsung kepada awak media INDOSPORT.

"Saya ingin menjadi warga negara Indonesia dan membela Timnas. Tetapi saya masih harus mengurusi paspor saya terlebih dahulu," ucap Keziah kepada redaksi INDOSPORT, Minggu (07/07/19).

Andai jadi dinaturalisasi, Keziah sepertinya bisa membuat lini belakang Timnas Indonesia kian tangguh. Keahliannya bermain sebagai bek tengah plus ditambah pengalamannya di Belanda, diyakini dapat membawa prestasi apik bagi skuat Garuda.

Matthew Steenvoorden

© ©Orange Pictures/Pieter van der Woude
Pemain asal Belanda Matthew Steenvoorden ketika masih membela SC Cambuur. Copyright: ©Orange Pictures/Pieter van der WoudePemain asal Belanda Matthew Steenvoorden ketika masih membela SC Cambuur.

Matthew Steenvoorden namanya belakangan sedang menjadi perbincangan publik sepak bola Indonesia. Hal itu tak lepas dari Bahasa Indonesia yang dipakai Matthew Steenvoorden untuk menuliskan caption dalam akun Instagram pribadinya.

"Stay home and stay safe. Di rumah aja dan jaga diri," tulisnya singkat.

Kalau diingat ke belakang, pernah berujar dirinya ingin sekali membela Timnas Indonesia. Bek kelahiran Belanda yang memiliki darah keturunan Jawa ini, berharap bisa membawa Skuat Garuda menuju kejayaan.

"Saya punya darah Indonesia yang berasal dari kakek saya. Ia lahir di Semarang (Jawa Tengah)," ujar Matthew kepada INDOSPORT, Rabu (25/12/19).

"Saya ingin membantu timnas (Indonesia) dan membuat keluarga saya bangga," sambung bek tengah berusia 27 tahun ini.

Andai keinginan itu bisa terwujud, mungkin kualitas Matthew Steenvoorden akan sangat bermanfaat bagi Timnas Indonesia. Maklum saja, Matthew Steenvoorden pernah membela klub top Belanda, Feyenoord, dan kini berseragam tim Liga Kroasia, NHK Gorica.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%