Liga Spanyol

Ingin Ciptakan Messi Baru? Ini Rahasia Latihan Ala Eks Pelatih Barcelona

Minggu, 29 Maret 2020 13:13 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Joan Valls/Urbanandsport /NurPhoto via Getty Images
Eks pelatih raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, Luis Enrique sebut rahasia kepelatihan Lionel Messi. Copyright: © Joan Valls/Urbanandsport /NurPhoto via Getty Images
Eks pelatih raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, Luis Enrique sebut rahasia kepelatihan Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Kehebatan Lionel Messi sudah tidak bisa terbantahkan lagi, bakat terpendam ditambah kemampuan menjadikannya pemain jempolan. Siapa sangka untuk mencetak bintang ini eks pelatih raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona punya rahasia.

Luis Enrique selaku mantan juru taktik Blaugrana membeberkan bagaimana rasanya melatih Messi sebelum menjadi megabintang seperti saat ini. Seperti diketahui sebelumnya pria berusia 49 tahun ini sempat menukangi Barcelona periode 2014-2017.

Selama tiga musim menjabat pelatih Blaugrana, Enrique berujar jika Messi sudah memiliki bakat hebat dalam bermain sepak bola seperti dribble dan passing. Tentunya bakat itu hanya tinggal dipoles hingga menjadi kian hebat dengan cara khusus.

"Bagaimana kami melatih Messi? Jujur saya tak perlu menyuruh dia untuk lakukan dribble, bagaimana lakukan pass, atau cara menembak karena dia merupakan orang yang ahli dibidangnya. Tapi ada situasi dimana kami berharap dia bisa maksimalkan satu potensinya," ucap Enrique dilansir Goal.

"Dalam sebuah sistem yang menguntungkan kami, dia harus bisa belajar untuk membuat tekanan ketika berada di lini depan, dimana kami butuhkan bola, dan berapa ruang lapangan yang dia harus ambil untuk dapatkan bola. Kami mencoba penuh agar dia bisa berperan di bidang itu," tutupnya.

Benar saja metode yang digalakkan Enrique itu nyatanya berhasil membuat Messi kian tajam ketika berada di barisan depan Barcelona. Salah satu buktinya ialah ketika La Pulga sukses pecahkan rekor LaLiga Spanyol Telmo Zahra dengan jumlah koleksi 253 gol.

Hingga saat ini potensi sang bintang asal Argentina itu pun nampak masih tidak ada matinya dan malah bakal kian berkembang terbukti dengan kemenangan Ballon d'Or keenamnya tahun 2019 silam mengalahkan Cristiano Ronaldo dan para pemain lain di dunia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%