Liga Indonesia

3 Pemain Asing yang Masih Nganggur Pasca Dilepas Persija Jakarta

Selasa, 31 Maret 2020 18:44 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter/@StreamingGuiden/forumpersija.blogspot.com
Sedikitnya ada 3 pemain asing yang diketahui masing menganggur pasca dilepas Persija Jakarta pada akhir Liga 1 2019 lalu. Copyright: © Twitter/@StreamingGuiden/forumpersija.blogspot.com
Sedikitnya ada 3 pemain asing yang diketahui masing menganggur pasca dilepas Persija Jakarta pada akhir Liga 1 2019 lalu.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 3 pemain asing yang diketahui masing menganggur pasca dilepas Persija Jakarta pada akhir Liga 1 2019 lalu.

Persija saat ini telah melakukan segala perombakan dalam menjelani musim 2020. Mulai dari merekrut pelatih hingga mendatangkan pemain.

Pasalnya pada musim lalu, Macan Kemayoran finis di urutan ke-10 dengan mengoleksi 44 poin saja. Padahal di edisi 2018, Persija keluar sebagai juara.

Sehingga manajemen Persija dengan sigap merombak beberapa pemain yang dinilai sudah cukup masa baktinya di klub yang berdiri sejak 1928 itu.

Tak terkecuali pemain asing yang turut dijadikan bahan evaluasi manajemen. Pada musim lalu, Persija turut merombak beberapa legiun luar negeri.

Hanya Marko Simic dan Rohit Chand saja yang dipertahankan. Sisanya harus siap untuk bisa mencari klub baru secara mandiri.

Sejauh ini ada tiga pemain asing yang dilepas Persija dan belum memiliki klub baru. Siapa saja mereka? Simak.

1. Joan Tomas

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Perkenalan pemain baru Persija Jakarta Joan Tomas Campasol oleh CEO Persija, Ferry Paulus. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTPerkenalan pemain baru Persija Jakarta Joan Tomas Campasol oleh CEO Persija, Ferry Paulus.

Gelandang serang asal Spanyol berusia 34 tahun Joan Tomas sempat didatangkan Persija pada paruh musim 2019 lalu. Tomas didatangkan usai dilepas PAS Lamnia (Yunani).

Bersama Persija, Tomas sukses membuat 13 penampilan dengan mencetak satu gol. Selain itu Tomas juga membukukan 518 menit bermain.

Kini pasca dilepas Persija, Tomas belum menemukan klub baru sejauh ini. Selain Persija, Tomas sempat membela tujuh klub lain seperti salah satunya ialah Valencia.

2. Xandao

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Xandao (kiri) dalam perayaan kemenangan Persija atas Persipura bertepatan di hari ultah klub ke-91. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTXandao (kiri) dalam perayaan kemenangan Persija atas Persipura bertepatan di hari ultah klub ke-91.

Berikutnya ada bek berpaspor Brasil dan Italia, yakni Xandao yang juga pernah dikontrak oleh Persija dalam mengarungi Liga 1 2019 lalu.

Bersama Persija, Xandao mampu membuat 19 penampilan dengan mencetak tiga gol dan membukukan 1795 menit bermain.

Kini pasca dilepas Persija, Xandao belum memiliki klub baru. Total ada 12 klub yang pernah dibela Xandao termasuk Persija dan Sporting Gijon.

3. Steven Paulle

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek Persija Jakarta, Steven Paulle dalam jumpa pers jelang melawan Shan United. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBek Persija Jakarta, Steven Paulle dalam jumpa pers jelang melawan Shan United. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT

Terakhir ada bek kelahiran Prancis berusia 34 tahun dalam raga Steven Paulle. Bek dengan postur 187 cm itu juga sempat membela Persija di awal 2019.

Paulle turut membuat lima laga di Piala AFC, empat penampilan di Piala Presiden, empat partai di Liga 1, dan hanya mencetak satu gol saja.

Akibat cedera kambuhan yang dialaminya, Persija pun melepas Paulle dan kini sang pemain belum memiliki klub. Sempat pula Paulle menjalani seleksi di klub Liga Primer Malaysia Penang FA.