Liga Inggris

Apa Kabar Tomas Rosicky, The Little Mozart yang Kariernya Hancur Akibat Badai Cedera?

Selasa, 31 Maret 2020 17:02 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Tomas Rosicky namanya tenar dengan julukan
Tomas Rosicky namanya tenar dengan julukan "the little Mozart", namun kariernya harus hancur akibat badai cedera bertubi. Apa kabar Tomas Rosicky kini?

INDOSPORT. COM - Tomas Rosicky namanya tenar dengan julukan "the little Mozart", namun kariernya harus hancur akibat badai cedera bertubi. Apa kabar Tomas Rosicky kini?

Kegemilangan karier Tomas Rosicky dimulai bersama klub lokal Republik Ceko, Sparta Praha. Lulus dari akademi junior, Rosicky dipromosikan ke tim senior Sparta Praha pada 1999, saat dirinya baru menginjak usia 18 tahun.

Dua tahun membela Sparta Praha, membuat nama Rosicky mulai terdengar para pemandu bakat tim-tim besar Eropa lainnya. Hingga pada 2001, Rosicky akhirnya diboyong raksasa Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

Bersama Dortmund, bakat Rosicky sebagai gelandang serang makin terasah. Rosicky bahkan berperan ketika Dortmund menjuarai Bundesliga Jerman pada musim 2001/02.

Tahun 2006, Rosicky makin menemukan kedewasaan permainannya. Raksasa Liga Inggris, Arsenal, mendekat dan meminta Rosicky hijrah ke London.

Pinangan Arsenal lantas disepakati Dortmund dan Rosicky. Perjalanan karier Rosicky di Dortmund pun resmi berakhir dengan catatan 24 gol dann 46 assists dari 189 laga.

Membela Arsenal, jelas makin meningkatkan reputasi Rosicky. Namun selama berkostum The Gunners, Rosicky kerap didera cedera dan banyak membuatnya absen.

Paling parah terjadi di musim 2015/16. Rosicky tak sekalipun bermain dalam pentas Liga Inggris untuk Arsenal karena mengalami cedera parah pada bagian lututnya.

Arsenal terpaksa melepas Rosicky di awal musim 2016/17, karena sang pemain tak kunjung bisa keluar dari masalah cedera. Rosicky lantas pulang kampung ke Sparta Praha, bermain di sana hingga Desember 2017, kemudian memutuskan pensiun.

Rosicky sempat mendapat julukan yang begitu spesial dari publik sepak bola dunia, yakni "the little Mozart". Julukan ini diberikan kepada Rosicky karena kelihaiannya dalam mengatur irama permainan lini tengah.

Peran Rosicky semasa aktif bermain sangat diandalkan negaranya untuk mengarungi pentas internasional. Ia total telah mencatatkan 105 penampilan dan mencetak 25 gol.

Andai tak sering mengalami cedera, bayangkan seberapa banyak jumlah penampilan yang bisa dicatatkan Rosicky bersama Republik Ceko. Sayang, "the little Mozart" kariernya harus bertubi diterpa masalah cedera lutut.

Setelah pensiun, Rosicky memutuskan untuk alih profesi ke bidang kepelatihan sepak bola. Buktinya, sejak 17 Desember 2018, Rosicky dipercaya menjabat sebagai Direktur Olahraga bagi klub kampung halamannya, Sparta Praha.

Hingga kini, Rosicky masih setia menjalankan tanggung jawab dan tugasnya di Sparta Praha. Rosicky ingin mengembalikan kejayaan Sparta Praha yang sudah enam tahun puasa gelar juara Liga Republik Ceko.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%