Bola Internasional

Ingin Gabung Liverpool, The Next Lewandowski Berdarah Jawa Jim Croque Batal Bela Timnas Indonesia?

Jumat, 3 April 2020 19:09 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT. COM - The next Lewandowski berdarah Jawa, Jim Croque, menyimpan keinginan yang begitu dalam untuk gabung klub Liga Inggris, Liverpool. Mungkinkah keinginan ini membuat Jim Croque batal bela Timnas Indonesia?

Jim Croque musim depan dipastikan akan merapat ke klub raksasa Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem. Andai kemampuannya terus melejit, bukan mustahil suatu saat nanti Jim Croque bakal dilirik klub top Eropa.

Selaku pesepak bola, Jim Croque tentu punya klub impiannya sendiri. Jim Croque mengaku sangat ingin bermain untuk tim elite Liga Inggris, Liverpool.

Keinginan Jim Croque tak lepas dari faktor prestasi Liverpool yang musim lalu menjuarai Liga Champions. Selain itu, ada pula faktor bek andalan Liverpool, Virgil van Dijk, yang sama-sama lahir di Belanda seperti Jim Croque.

"Saya berharap bisa bermain untuk klub besar di Liga Inggris, Liverpool contohnya," ujar Jim Croque kepada INDOSPORT.

"Liverpool bagus di kompetisi domestik dan Liga Champions. Liverpool juga punya pemain kebanggaan Belanda, Virgil van Dijk," tambah Jim Croque.

Berkaca dari impiannya tersebut, ada kemungkinan penyerang 15 tahun yang mengidolakan Robert Lewandowski ini, batal bela Timnas Indonesia. Maklum saja, demi bermain di Liga Inggris, ada persyaratan tertentu yang harus ditaati.

Pentas Liga Inggris membuat peraturan ketat, bahwa pemain asing yang datang ke kompetisi harus berasal dari negara 70 besar ranking FIFA. Andai Jim Croque yang memiliki darah Jawa memilih bela Timnas Indonesia, jalannya ke Liga Inggris jelas sulit.

Lihat saja peringkat FIFA terkini milik Timnas Indonesia, yang terdampar di urutan 173. Meski ada beberapa persyaratan khusus lainnya selain peringkat 70 besar, Jim Croque tentu bakal lebih mudah gabung klub Liga Inggris bila tak memilih bela Timnas Indonesia.

Sementara negara kelahiran Jim Croque, Belanda, terlihat konsisten menempati 70 besar ranking FIFA. Belanda sekarang menempati urutan 14, sesuai sekali dengan kriteria Liga Inggris.

Apalagi Jim Croque sendiri pernah berujar, kalau dirinya belum tentu memilih Timnas Indonesia sebagai karier internasionalnya. Jim Croque masih ingin fokus mengembangkan kariernya di level klub, sehingga belum mempunyai jawaban antara memilih Belanda atau Indonesia.

"Sekarang saya belum bisa membuat keputusan mana yang saya akan pilih, membela Belanda atau Timnas Indonesia," ujar Jim.

"Saya sekarang tidak berfokus kepada karier internasional. Saya lebih mendahulukan pencapaian level klub," tambah Jim Croque.

Padahal beberapa waktu sebelumnya lagi, Jim Croque sempat mengaku siap sedia jika Timnas Indonesia membutuhkannya. Jim Croque akan menjalani naturalisasi terlebih dahulu, baru kemudian membela Skuat Garuda.

"Jika dipanggil (Timnas Indonesia), saya pikir saya akan menerimanya," ungkap Jim Croque.

Patut dinanti, seperti apa karier internasional yang akan dipilih Jim Croque ke depannya? Membela Belanda atau Timnas Indonesia?