Bola Internasional

Apa Kabar Claudio Lopez, El Piojo yang Sukses Bersama Valencia dan Lazio?

Sabtu, 4 April 2020 17:02 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Claudio Lopez, pemain berjuluk El Piojo ini pernah menjalani karier yang cukup gemilang bersama Valencia dan Lazio. Apa kabar Claudio Lopez kini?

Publik yang sudah aktif mengikuti perkembangan sepak bola di medio pengujung 90-an hingga awal era milenium, pasti kenal dengan pemain bernama Claudio Lopez. Dahulu, karier Claudio Lopez tampak bersinar bersama dua klub penuh sejarah, Valencia dan Lazio.

Claudio Lopez pertama kali datang ke Valencia pada 1 Juli 1996. Kala itu, Lopez masih berusia 22 tahun, dan didatangkan Valencia dari klub lokal Argentina, Racing Club.

Bersama Valencia, Lopez mulai mendapat aura kebintangan. Musim 1998/99, Lopez mengantarkan Valencia menjuarai ajang Copa deL Rey, sekaligus trofi Piala Super Spanyol 1999.

Paling manis terjadi pada musim 1999/00, ketika Lopez sukses mengantarkan Valencia menembus partai final Liga Champions. Sayangnya, Valencia harus puas menjadi runner-up usai dikalahkan 0-3 oleh Real Madrid.

Pasca musim 1999/00 berakhir, Lopez mendapat pinangan raksasa Serie A Italia, Lazio. Lopez tanpa ragu mengambil kesempatan itu dan pindah ke Lazio pada bursa transfer musim panas 2000.

Selama membela Valencia, Lopez yang berperan sebagai second striker mampu mencetak 66 gol dari 161 penampilan. Lopez meninggalkan Valencia dengan kejayaan cukup manis.

Baru gabung Lazio, Lopez langsung menghasilkan trofi. 8 September 2000, Lopez mencetak dua gol dan membawa Lazio menang 4-3 atas Inter Milan, dalam laga Piala Super Italia.

Musim pertama di Serie A Italia, karier Lopez tak terlalu mulus. Lopez tak bisa mencetak gol sama sekali, dan cuma tampil 16 kali membela Lazio.

Taji Lopez baru terlihat di musim 2001/02 dan 2002/03. Lopez dalam dua musim beruntun total mencetak 25 gol, atau salah satu pemain tertajam Lazio.

Lopez juga selalu konsisten mengantarkan Lazio menembus kompetisi Eropa, entah Piala UEFA atau Liga Champions. Sampai akhirnya pada musim 2003/04, Lopez memberikan gelar kedua bagi Lazio, yakni juara Coppa Italia, mengalahkan Juventus di laga final.

Setelah musim 2003/04 rampung, peran Lopez perlahan terpinggirkan dari skuat Lazio. Lopez dipinjamkan ke klub Meksiko, CF America pada 2005.

Setelahnya, Lopez tak pernah kembali ke pentas sepak bola Eropa. Ia pulang kampung ke Racing Club, dan kemudian mengakhiri karier bersama klub Major League Soccer Amerika Serikat, Colorado Rapids di tahun 2011.

Sembilan tahun usai pensiun, apa kabar Claudio Lopez kini? Apakah Lopez masih terlibat aktif di sepak bola?

Kabar terakhir, Lopez sempat menjabat sebagai petinggi klub dari Colorado Rapids. Ia menduduki kursi Direktur Teknik Colorado Rapids dari akhir tahun 2014 sampai awal 2018.

Pencapaian manis Lopez sebagai Direktur Teknik tercipta pada tahun 2016. Lopez sukses memimpin Colorado Rapids mencatatkan rekor 15 laga beruntun tak terkalahkan.

Pasca lengser dari jabatannya, Lopez lebih menikmati masa pensiunnya. Lopez seringkali terlihat mengikuti perkembangan mantan klubnya, Valencia.

Contohnya pada 29 Februari 2020 lalu, Lopez diketahui datang langsung ke Mestalla Stadium untuk menyaksikan laga Valencia vs Real Betis. Momen kedatangan Lopez tersebut sempat diabadikan dalam sebuah foto unggahan pemain Valencia, Rodrigo Moreno.