Liga Italia

Mengenang Tridente Lini Belakang Skuat Juara AS Roma 2000/01, Apa Kabar Mereka Kini?

Sabtu, 4 April 2020 18:54 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Skuat juara AS Roma di pentas Serie A Italia 2000/01, diisi oleh tridente legendaris, Antonio Carlos Zago, Jonathan Zebina, dan Walter Samuel. Apa kabar mereka kini?

AS Roma memang sudah lama sekali tak merasakan indahnya gelar juara Serie A Italia. Momen manis terakhir kali terjadi 2000/01 silam, atau sudah 19 tahun berlalu.

Meski begitu, banyak cerita menarik yang sekiranya masih layak untuk dibahas, tentang gelar juara AS Roma pada Serie A Italia 2000/01. Salah satunya soal kekuatan lini belakang AS Roma yang kala itu dihuni tridente tangguh, Antonio Carlos Zago, Jonathan Zebina, dan Walter Samuel.

AS Roma musim 2000/01, dilatih oleh Fabio Capello dan mengusung formasi 3-5-2. Ketangguhan lini belakang AS Roma mayoritas dipercayakan Capello kepada tiga nama tadi, Antonio Carlos Zago, Jonathan Zebina, Walter Samuel, dan sesekali merotasinya dengan Aldair.

Sosok Aldair hanya jadi pelapis, karena sudah menginjak masa senja 34 tahun. Sementara Antonio Carlos Zago tergolong mumpuni main reguler di usia 31 tahun, kemudian Jonathan Zebina dan Walter Samuel masih begitu muda, yakni 21 tahun serta 22 tahun.

Antonio Carlos Zago tercatat tampil 28 kali mengisi lini belakang AS Roma. Peran krusial Antonio Carlos Zago, Jonathan Zebina, dan Walter Samuel lebih sering ditemani Jonathan Zebina yang main 22 kali, dan Walter Samuel 31 laga.

Kerja sama tridente Antonio Carlos Zago, Jonathan Zebina, dan Walter Samuel, membuat AS Roma bisa memuncaki klasemen akhir musim, dengan koleksi 75 poin. AS Roma unggul dua poin dari tim runner-up, Juventus.

Ketiganya kini jelas sudah gantung sepatu dari profesi pesepak bola. Namun, apa kabar mereka kini? Apakah masih aktif terlibat di lapangan hijau?

Antonio Carlos Zago saat ini sudah menyentuh usia 50 tahun. Masa pensiunnya kini dilalui sebagai pelatih klub Liga Jepang, Kashima Antlers.

Kemampuan Kashima Antlers dalam melatih sudah dimulai sejak 2010. Zago juga pernah menjabat sebagai pelatih teknik bagi AS Roma dari Januari sampai Februari 2013.

Berlanjut ke Walter Samuel, nasibnya kurang lebih kini mirip-mirip seperti Zago. Samuel turut berprofesi sebagai pelatih, dan sedang membesut tim Liga Swiss, FC Lugano.

Samuel punya jabatan pula di tim kepelatihan negaranya, Timnas Argentina. Samuel bertindak sebagai asisten pelatih Argentina sejak 2018 lalu.

Terakhir, Jonathan Zebina, nasibnya pasca pensiun mungkin yang paling kurang beruntung. Pada 2017, Zebina menurut laporan situs Egypttoday didakwa hukuman dua tahun penjara oleh pengadilan kota Avignon Prancis, akibat kasus penggelapan pajak.

Tak banyak sumber yang bisa menjelaskan tentang kasus hukum Zebina tadi. Kurang lebih, begitulah kabar terkini dari tridente tangguh lini belakang skuat juara AS Roma 2000/01.