Bola Internasional

Sandy Walsh Pernah Duel dengan Pemain Malaysia di Pentas Eropa

Sabtu, 4 April 2020 16:42 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bintang Belanda keturunan Indonesia Sandy Walsh ternyata pernah duel dengan pemain Belgia berdarah Eropa Dion Johan Cools di pentas Eropa. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bintang Belanda keturunan Indonesia Sandy Walsh ternyata pernah duel dengan pemain Belgia berdarah Eropa Dion Johan Cools di pentas Eropa.

INDOSPORT.COM - Bintang Belanda keturunan Indonesia Sandy Walsh ternyata pernah duel dengan pemain Belgia berdarah Eropa Dion Johan Cools di pentas Eropa.

Dion Cools lahir di Kuching, Malaysia, 4 Juni 1996 silam. Namun pemain dengan tinggi 185 cm itu memilih paspor Belgia dalam berkarier.

Pemain dengan posisi sebagai bek sayap kanan ini mengawali karier di akademi Tempo Overijse (2007-11), RSC Anderlecht (2012), dan OH Leuven (2013).

Pada musim 2014-15, Cools dipromosikan ke tim utama klub Belgia OH Leuven. Meski hanya semusim, Cools telah membuat 26 laga.

Bakatnya membuat tim rival Club Brugge kepincut. Hingga akhirnya sukses didaratkan pada 2015 dan mengabdi selama empat setengah musim.

Bersama Club Brugge sukses membuat tujuh gol dari 87 penampilan. Cools juga sempat melawan raksasa Liga Inggris Manchester United di kompetisi Eropa.

Bahkan di akhir 2019 lalu, Cools sempat digadang-gadang bakal didaratkan wakil Liga Super Malaysia Johor Darul Ta'zim.

Akan tetapi Cools lebih memilih untuk menerima pinangan klub Denmark FC Midtjylland pada bursa transfer musim dingin 2019-20.

© https://www.instagram.com/djcools21/
Dion Cools, Pemain Malaysia di Eropa Copyright: https://www.instagram.com/djcools21/Dion Cools, pemain Malaysia di Eropa.

Cools sendiri baru tampil sebanyak tiga kali saja dengan mengoleksi 67 menit sejauh ini di Liga 1 Denmark sebelum akhirnya terhenti imbas pandemi virus corona (COVID-19).

Dengan begitu persaingan talenta muda Asia Tenggara di benua Eropa semakin bertambah usai dua wonderkid Indonesia Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Egy Maulana Vikri saat ini tengah berjuang di klub Liga 1 Polandia Lechia Gdansk. Sedangkan Witan Sulaeman dikontrak FK Radnik Surdulica (Serbia).

Meski demikian ada sisi lain yang bisa dicermati bersama oleh para penggemar sepak bola Tanah Air akan kiprah pemain keturunan Malaysia itu.

Pasalnya ditelusuri kalau Cools ternyata pernah duel langsung dengan bintang asal Belanda berdarah Indonesia, yakni Sandy Walsh.

Pertempuran keduanya terjadi kala Dion Cools membela Club Brugge dan Sandy Walsh masih dikontrak KRC Genk. Dua klub tersebut peserta Liga 1 Belgia.

Pertemuan pertama antara Cools dan Walsh terjadi pada pekan ke-14, 6 November 2016, antara Club Brugge vs KRC Genk.

Laga tersebut membuat Cools tampil starter selama 90 menit. Sedangkan Walsh baru diturunkan pada menit ke-85, dimana laga berakhir imbang 1-1.

© Vincent Van Doornick/Isosport/Getty Images
Pemain Belgia keturunan Malaysia saat membela Club Brugge Dion Johan Cools. Copyright: Vincent Van Doornick/Isosport/Getty ImagesPemain Belgia keturunan Malaysia saat membela Club Brugge Dion Johan Cools.

Perjumpaan kedua terjadi saat laga Club Brugge vs Zulte Waregem pada pekan ke-16, 26 November 2017 lalu. Saat itu Walsh sudah pindah ke Zulte Waregem.

Cools tampil sebagai winger kanan sejak awal dan Walsh juga starter di sayap kanan 90 menit. Laga ini berakhir 3-2.

Laga terakhir yang menyajikan duel Cools dan Walsh terjadi kala Zulte Waregem vs Club Brugge di pekan ke-6, 31 Agustus 2018.

Saat itu Walsh starter selama 90 menit. Sedangkan Cools baru tampil pada menit ke-44, di mana laga ini berakhir 2-5.

Sandy Walsh diketahui memiliki darah Indonesia lewat garis keturunan ibu, tepatnya sang kakek yang lahir di Surabaya dan nenek asal Malang.