Liga Indonesia

Tak Disangka, 3 Daerah Indonesia Ini Jadi Pabrik Pemain Sepak Bola

Sabtu, 4 April 2020 21:09 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ternyata 3 daerah di Indonesia berikut ini tak disangka menjadi pabrik dari para pemain sepak bola andal. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ternyata 3 daerah di Indonesia berikut ini tak disangka menjadi pabrik dari para pemain sepak bola andal.

INDOSPORT.COM - Ternyata 3 daerah di Indonesia berikut ini tak disangka menjadi pabrik dari para pemain sepak bola andal.

Pentas Liga 1 selalu menghadirkan sesuatu yang menarik tiap musimnya. Banyak sekali drama yang tercipta dan bakal dikenang oleh publik.

Tak jarang Liga 1 dihuni oleh para pemain asing yang baru pertama kali merumput di Indonesia langsung jadi idola. Beberapa malah tak sesuai ekspektasi.

Selain itu sejumlah pemain muda juga kerap tampil memuaskan harapan pelatih maupun suporter dalam sebuah pertandingan yang genting.

Tiap musim juga selalu menghadirkan pemain berbakat yang muncul ke permukaan publik. Sang pemain mampu menjawab tantangan tersebut.

Menariknya setiap pemain pasti memiliki kampung halaman atau tempat asal. Mereka lahir dari daerah yang justru belum memiliki klub profesional.

Berikut ini merupakan daerah di Indonesia yang bisa dicap sebagai pabrik bagi pemain sepak bola andal. Wilayah mana saja?

1. Papua

© INDOSPORT
Persipura Jayapura dan map Papua Copyright: INDOSPORTPersipura Jayapura dan map Papua

Bumi Cendrawasih atau Papua merupakan salah satu produsen pemain sepak bola di pentas nasional. Tiap musim ada saja yang diorbitkan.

Mereka terlahir dari bakat yang sangat natural ditunjang tempaan alam serta ketangkasan fisik mumpuni dalam melakukan akselerasi.

Lihat saja kapten Persipura Boaz Solossa yang sukses menjadi idola serta impian bagi anak-anak Papua yang bermimpi menjadi pemain sepak bola profedional.

Saat ini ada nama-nama baru dari Papua yang hadir ke permukaan mulai dari Todd Rivaldo Ferre, Gunansar Mandowen, hingga Israel Wamiau.

Selain mentas di Liga 1, peserta Liga 2, Liga 3, kelompok umur, hingga Timnas Indonesia kerap diisi pemain Papua.

2. Maluku

© You Tube/FocusTV
Film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku. Copyright: You Tube/FocusTVFilm Cahaya Dari Timur: Beta Maluku.

Kemudian ada Maluku, atau lebih spesifiknya ialah Tulehu, kerap mengorbitkan pemain bertalenta luar biasa ke permukaan.

Tulehu ibaratnya menjadi surga bagi klub-klub yang ingin mendapatkan bibit pemain sepak bola muda agar bisa menjadi aset penting di masa depan.

Para pemain tulehu diberkahi dengan kecepatan, akurasi umpan, serta ketangguhan fisik yang cukup oke untuk terus ditempa.

Contoh nyatanya ialah Manahati Lestusen, Ramdani Lestaluhu, Rizky Pellu, Hashim Kipuw, hingga almarhum Alfin Lestaluhu.

Tak hanya menghuni klub Liga 1, talenta Tulehu dan Maluku kerap tersebar ke pentas Liga 2, Liga 3, kelompok umur, hingga Timnas Indonesia.

3. Jawa Barat

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemerintah Jawa Barat apresiasi prestasi Persib U-16 dan U-19 Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemerintah Jawa Barat apresiasi prestasi Persib U-16 dan U-19

Terakhir ada daerah Jawa Barat yang selalu memunculkan pemain sepak bola untuk menghiasi pagelaran sepak bola nasional.

Meski wilayah yang cukup luas, tetapi mutiara berbakat kerap ditemukan oleh klub ataupun pelatih dimana tinggal dipoles akan latihan keras.

Mereka berlomba-lomba untuk menunjukan kebolehan dalam menjadi pemain yang cukup hebat agar bisa berseragam Persib Bandung di masa depan.

Beberapa pemain kelahiran Jawa Barat yang saat ini telah muncul ke permukaan ialah Gian Zola, Beckham Putra Nugraha, Zalnando, hingga Puja Abdilah.

Tak hanya itu, putra Jawa Barat juga kerap menghuni klub-klub yang bermain di Liga 1, Liga 2, Liga 3, beragam usia, hingga Timnas Indonesia.