Liga Indonesia

Hikmah di Balik Corona, Wonderkid Persija Lirik Peluang Masuk Timnas U-18

Minggu, 5 April 2020 14:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© epa.pssi.org
Wonderkid Persija Jakarta U-18, Alfriyanto Nico Saputro. Copyright: © epa.pssi.org
Wonderkid Persija Jakarta U-18, Alfriyanto Nico Saputro.

INDOSPORT.COM - Pandemi virus Corona tak selamanya dimaknai secara negatif. Ada hikmah yang bisa diambil oleh sebagian orang, termasuk para penggawa Garuda Select yang baru saja tiba di Tanah Air.

Sebab, para pemain memiliki peluang besar untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia U-18.

Ya, PSSI bersama pelatih Shin Tae-yong sempat melakukan seleksi pada sejumlah pemain muda untuk memperkuat Timnas Indonesia U-18, dalam rangka menghadapi Piala AFF U-18 2020, dan bertepatan dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah ajang sepak bola internasional itu.

Sebelum pandemi virus Corona, Shin Tae-yong sempat melakukan pemusatan latihan Timnas U-18 di Thailand bersama 28 pemain seleksi, Januari lalu.

Namun, jumlah itu tentu belum mewakili potensi pemain muda Indonesia lainnya yang sedang berada di Eropa dalam program Garuda Select.

Menimbang pengalaman skuat Garuda Select yang sudah pernah menghadapi lawan tangguh dari akademi sepak bola Inggris dan Italia, tentu tak dapat disangkal jika sebagian besar pemain memiliki potensi besar untuk masuk dalam kriteria Shin Tae-yong dan memperkuat Timnas U-18.

© niko_alfriyan
Alfriyanto Nico Saputro berusaha melewati lawan dengan menggiring bola di Inggris Copyright: niko_alfriyanAlfriyanto Nico Saputro berusaha melewati lawan dengan menggiring bola di Inggris

Hal itulah yang diharapkan oleh wonderkid milik Persija Jakarta sekaligus jebolan Garuda Select, Alfriyanto Nico Saputro.

Dengan adanya penundaan Piala AFF U-18 2020 karena status darurat virus Corona, Nico berharap seleksi pemain Timnas U-18 dapat kembali dibuka.

"Alhamdulillah dengan adanya kesempatan ini (penundaan Piala AFF U-18), Nico bakal kerja keras untuk bisa masuk dalam skuat Timnas, agar bisa mewujudkan impian Nico sejak kecil," ucap pesepakbola 17 tahun itu kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (04/04/20).

Hingga kini, belum dapat ditentukan kapan Piala AFF U-18 2020 akan digelar. Laga yang sejatinya direncanakan pada Agustus nanti, terpaksa harus mengalami penundaan karena skuat Timnas U-18 tidak bisa melakukan pemusatan latihan selama masa darurat penyebaran virus Corona.

Selain Piala AFF U-18 2020, PSSI juga resmi menunda gelaran Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-18 Putri, karena tiga turnamen usia muda itu sama-sama akan digelar di Indonesia. Sementara untuk perhelatan Piala Dunia U-20 2021, hingga kini belum ada pembahasan lebih lanjut ataupun penundaan.