Bola Internasional

Pesan Khusus Pelatih Usai Skuat Garuda Select Balik ke Indonesia

Minggu, 5 April 2020 12:42 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Media Garuda Select
Pesan khusus pelatih Garuda Select kepada skuat yang kembali ke Indonesia dari Inggris. Copyright: © Media Garuda Select
Pesan khusus pelatih Garuda Select kepada skuat yang kembali ke Indonesia dari Inggris.

INDOSPORT.COM - Skuat Garuda Select telah kembali karena wabah virus Corona melanda sebagian besar wilayah Eropa, termasuk Inggris, tempat pemain Indonesia menggelar sesi latihan dan uji coba. Tim pelatih pun memberikan pesan khusus kepada pemain sebelum kepulangannya ke Tanah Air.

Garuda Select angkatan kedua masih didampingi oleh sosok Dennis Wise, mantan pemain Chelsea yang cukup legendaris, serta Des Walker, eks penggawa Sampdoria dan Nottingham Forest. Kedua pelatih tersebut juga merupakan pemain andalan Timnas Inggris pada masanya.

Sejak kebersamaan para pemain dan pelatih di awal program, Oktober 2019 lalu, cukup banyak ilmu yang didapat oleh pemain muda Indonesia di Inggris dan Italia. Sayangnya, program Garuda Select harus dihentikan karena pandemi virus Corona, yang tak memungkinkan untuk menggelar laga uji coba.

Para pemain pun tiba di Tanah Air pada Rabu (25/03/20) dinihari, dan langsung menuju kediaman masing-masing yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Penggawa Garuda Select melakukan karantina mandiri karena baru saja tiba dari Inggris yang memiliki kasus Covid-19 cukup tinggi.

Meski karantina, namun para pemain juga diminta untuk tetap berolahraga dan menjaga kebugaran, sebagaimana pesan pelatih Dennis Wise dan Des Walker. Hal ini diungkapkan oleh striker Garuda Select angkatan kedua, Alfriyanto Nico Saputro.

"Pesan pelatih, kita harus menjaga kondisi, dan harus bisa mengembangkan permainan yang telah dipelajari di sana (Inggris dan Italia)," ucap Alfriyanto Nico saat dihubungi awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (04/04/20).

Tak hanya soal kesehatan dan kondisi fisik, Dennis Wise dan Des Walker rupanya juga tak lupa memberikan wejangan soal taktik, dan mengingatkan anak asuhnya untuk bermain lebih simpel dalam sebuah pertandingan.

"Yang paling Nico ingat sih, Coach Des berpesan, harus bermain simpel dan jangan cepat hilang bola. Lalu, belia bilang dua sentuhan lebih baik daripada satu sentuhan," tambah pesepakbola yang memperkuat tim Persija Jakarta tersebut.

Penggawa Garuda Select angkatan kedua, saat ini rata-rata berusia 17 tahun, dan dipersiapkan untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-18 untuk tampil di ajang Piala AFF U-18 2020, di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah.

Alfriyanto Nico Saputro dkk juga akan diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia di ajang Piala Dunia U-20 2021, dan lagi-lagi agenda multinasional ini akan diselenggarakan di Indonesia.