Liga Inggris

Gabriel Jesus: Sang Super Sub dengan Bakat Superstar

Senin, 6 April 2020 17:49 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Yohanes Ishak
© Dan Mullan/GettyImages
Gabriel Jesus membuktikan dirinya merupakan calon superstar di masa mendatang meski saat ini banyak menjadi super sub bagi Manchester City Copyright: © Dan Mullan/GettyImages
Gabriel Jesus membuktikan dirinya merupakan calon superstar di masa mendatang meski saat ini banyak menjadi super sub bagi Manchester City

INDOSPORT.COM - Nama Gabriel Jesus memang kerap disepelekan oleh beberapa pihak. Bahkan sinarnya sebagai penyerang tajam selalu redup karena sosok Sergio Aguero di Manchester City.

Namun siapa sangka, Jesus merupakan salah satu pemain dengan potensi yang luar biasa untuk menjadi seorang superstar di masa depan. Secara gol, memang torehannya tak begitu taja. Hanya 63 gol dari 139 penampilan. Tapi, ada bukti lain mengapa pemain asal Brasil ini bisa menjadi salah satu penyerang terbaik di muka bumi.

Gabreil Jesus datang ke Manchester City pada 2017 silam. Ia didatangkan dari Palmeiras dengan angka cukup murah. Statusnya sebagai penyerang tajam di Brasil pun dibawa olehnya ke tanah Inggris di mana tujuh gol dilesakkannya dalam 10 penampilan perdananya.

Namun cedera dan moncernya Sergio Aguero membuat sinarnya meredup. Namanya kebanyakan mengisi bangku cadangan dan jarang menjadi pilihan utama. Meski begitu, dari bangku cadangan lah potensi besarnya terlihat jelas.

63 gol dari 139 penampilan mungkin tak cukup bagus. Namun bila dirinci, kebanyakan penampilannya datang dari bangku cadangan. Hal ini senada dengan torehannya. Sejak Januari 2017, Gabriel Jesus menjadi pemain dengan potensi perkiraan gol (xG) tertinggi di Inggris dengan rataan 0.87 gol per 90 menit.

Catatan tersebut mengungguli penyerang ternama lainnya seperti Aguero, Mohamed Salah, Pierre-Emerick Aubameyang dan Harry Kane. Hal ini membuktikan kualitasnya dalam penempatan dan insting naturalnya untuk mencetak gol.

Bahkan kemampuan tersebut lebih dilengkapinya dengan catatan saat bertahan. Mengingat pola permainan Man City yang menyerang yang kerap meninggalkan lubang di pertahanan, Jesus menjadi pemain pertama yang mencoba memutus aliran bola. Tak ayal rataan jarak yang ditempuhnya di lapangan mencapai 9.5 km tiap 90 menit.

Pun dengan tekel yang ia lakukan mencapai 0,9 tekel per laga dan mampu merebut bola 4.2 kali per 90 menit. Potensi yang cukup besar untuk menjadi seorang superstar.

Dengan kemampuan tersebut, Manchester City nampaknya tak perlu takut jika Sergio Aguero memutuskan pensiun. Gabriel Jesus siap menjadi juru gedor utama dan superstar bagi The Citizens di masa mendatang.

1