Liga Indonesia

Penglihatan Dokter Persib Bandung Usai Wander Luiz Isolasi Mandiri

Selasa, 7 April 2020 11:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Yohanes Ishak
© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi striker klub Liga 1, Persib Bandung, Wander Luiz. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi striker klub Liga 1, Persib Bandung, Wander Luiz.

INDOSPORT.COM - Dokter tim sepak bola Persib Bandung, Raffi Ghani merasa optimis Wander Luiz bakal sembuh atau negatif virus corona (covid-19) setelah menjalankan isolasi mandiri selama 14 hari. 

Menurut Raffi, striker Persib Bandung yang sebelumnya dinyatakan positif terpapar corona dan ayahnya Leleo Bandeira yang berstatus orang dalam pengawasan (ODP), bisa menjalankan prosedur isolasi mandiri dengan baik. 

Selain itu, Wander Luiz dan ayahnya tidak mengalami gejala atau keluhan, ditambah lagi mereka memiliki keinginan yang kuat untuk menyelesaikan isolasi mandiri dengan baik.

Sehingga, Raffi merasa optimis striker yang sudah mencetak empat gol bagi Persib ini bisa sembuh atau negatif corona. 

"Tidak ada kendala apapun (Leleo), demam, pilek atau batuk. Sehat sama seperti Luiz. Tapi biasanya setelah isolasi mandiri 14 hari dan tidak bergejala saat diperiksa lagi, hasilnya negatif," kata Raffi, Senin (06/04/20). 

"Sejauh ini keduanya sangat kooperatif dalam menjalani isolasi mandiri dan sangat disiplin, sampai-sampai tidak meninggalkan tempat isolasi. Mereka juga mungkin gak mau seperti itu terus dan berkeinginan pulang ke Brasil," jelasnya menambahkan. 

Dokter yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini menuturkan, masa isolasi Wander Luiz akan berakhir pada Rabu (08/04/20).

Setelah itu, pemain asal Brasil ini akan melakukan tes corona kembali untuk mengetahui kondisi kesehatannya. 

"Saya optimis pada pemeriksaan kedua setelah isolasi mereka negatif,  Insya Allah. Karena sejauh ini dia melakukan program dengan sangat baik dan dari komunikasi saya setiap hari, tidak ada keluhan. Sehat," jelasnya. 

Sebagai informasi, Wander Luiz dinyatakan terpapar virus corona pada Jumat (27/04/20), setelah menjalani tes di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (26/03/20). Tes tersebut, dilakukan oleh petugas dari Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Setelah itu, ia harus melakukan isolasi mandiri. Selama isolasi, manajemen Persib memenuhi seluruh kebutuhan sehari-hari dan makanan Wander Luiz dengan proses pengantaran tanpa kontak. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%