Liga Inggris

Evolusi Mengejutkan Manchester United di Tangan Ole Gunnar Solskjaer

Rabu, 8 April 2020 17:08 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Bradley Collyer/PA Images via Getty Images
Terjadi evolusi besar selama Ole Gunnar Solskjaer melatih raksasa Liga Inggris, Manchester United. Copyright: © Bradley Collyer/PA Images via Getty Images
Terjadi evolusi besar selama Ole Gunnar Solskjaer melatih raksasa Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COM - Perubahan besar telah dijalani Ole Gunnar Solskjaer hingga bisa melatih raksasa Liga Inggris, Manchester United. Menjalani debut baik di awal kariernya, terjadi evolusi luar biasa hingga dikenal sampai sekarang.

Ketika menggantikan peran Jose Mourinho, Solskjaer menjalani debut manis menduduki kursi pelatih kepala. Melakoni Liga Inggris, Manchester United sukses menang besar atas Cardiff City dengan skor 5-1.

Kemenangan ini tidak lepas dari gol tendangan bebas Marcus Rashford pada menit ke-3, disambar oleh sepakan Ander Herrera dan Anthony Martial membuat Setan Merah memimpin 3-1. Pada babak kedua brace Jesse Lingard buat Cardiff City mati kutu.

Kejayaan memang tidak berlangsung lama, mendekati akhir penutupan musim Liga Inggris 2018-2019, giliran Manchester United yang takluk dengan skor telak 0-2 melawan Cardiff City. Hasil ini sekaligus membuat terjadi masa transisi The Red Devils.

Dilansir laman berita Manchester Evening News, sejak duel tandang Cardiff City, Solskjaer melakukan banyak perubahan perihal personel dan taktik Manchester United dengan tujuan utama meraih kesuksesan jangka panjang.

Faktanya hal tersebut terjadi ketika Manchester United melawan LASK di babak 16 besar Liga Europa di mana hanya Luke Shaw satu-satunya pemain yang masuk formasi debutan Solskjaer. Beberapa pemain terdahulu nampak mulai tersingkir dan digantikan yang baru.

Sebagai contoh Romelu Lukaku, Ashley Young, dan Ander Herrera yang memuutuskan untuk angkat kaki dari Old Trafford. Nemanja Matic dan Jesse Lingard juga jarang dipilih dan masa depan Paul Pogba juga tidak jelas.

Perubahan besar tersebut dibarengi kedatangan banyak pemain baru, sebut saja Harry Maguire, Aaron Wan-Bissaka, Daniel James, Bruno Fernandes, dan Odion Ighalo. Fred, Scott McTominay, Brandon Williams, dan Mason Greenwood pun lantas hadir memberi warna baru bagi Manchester United.

Formasi 4-2-3-1 lantas menggantikan 4-3-3 yang dulu menjadi masa kejayaan Pogba. Meski melakukan perubahan total, terbukti siasat Solskjaer ampuh sehingga membuat Manchester United sukses meraih predikat unbeaten dalam 11 laga terakhir.

Dengan cara ini, Manchester United memiliki lebih banyak kecepatan, energi, dan dinamika yang memang diinginkan oleh Solskjaer. Tak mau berhenti, pelatih asal Norwegia itu kini akan mencoba menambah potensi klub dengan menghadirkan Jack Grealish, Jadon Sancho, dan mungkin pemain lain.